stat counter Manfaat Mengkonsumsi Pepaya untuk Kesehatan Tubuh | Aceh Online Magazine

Manfaat Mengkonsumsi Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

mamfaat-pepaya

Atjehcyber.com – Pepaya merupakan suatu buah yang mudah kita jumpai dalam lingkungan daerah tropis. Buah ini tidak asing lagi bagi kita yaitu selain dapat di konsumsi sebagai makanan juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu, salah satu manfaat pepaya yaitu untuk memperlancar sembelit. Sebenarnya, tumbuhan Pepaya (Carica papaya L.) ini berasal dari Meksiko bagian Selatan dan juga di temukan di Amerika bagian Utara, dan kemudian menyebar ke seluruh daerah tropis terutama Indonesia untuk dimanfaatkan untuk konsumsi maupun kesehatan manusia.

Buah pepaya selain dikenal rasanya manis juga memiliki bentuk-bentuk yang bervariasi seperti pepaya di Hawaii dan pepaya  di California, walaupun bentuknya berbeda akan tetapi rasanya yang manis dan manfaat-manfaatnya tetap terjaga. Pepaya memiliki daging buah yang lembut sehingga sangat mudah di cerna oleh tubuh terutama untuk membantu melancarkan BAB.

Kandungan yang Dimiliki Pepaya

Orang yang rutin mengkonsumsi pepaya dapat dikatakan bahwa orang tersebut tengah memulai hidup sehat karena manfaat pepaya ini sangatlah banyak, karena di dalam daging buahnya tedapat berbagai macam unsur-unsur yang sangat bermanfaat bagi tubuh siapa pun.

Berikut ini nutrisi yang dapat Anda dapatkan pada saat mengkonsumsi buah pepaya:

  1. Karbohidrat, yang merupakan sumber utama energi bagi tubuh
  2. Vitamin A, B kompleks, dan C
  3. Zat besi, yang berperan untuk pembentukan tulang
  4. Kalsium, untuk mempertuat tulang
  5. Protein, yang berperan untuk perumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak
  6. Lemak, yang berperan dalammenyediakan energi, melarutkan vitamin A, D, E, K dan dapat menyediakan asam lemakesensial bagi tubuh manusia.

Manfaat Pepaya untuk di Konsumsi Maupun kesehatan

  1. Mengoptimalkan Fungsi Pencernaan

Hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada buah pepaya sehingga mampu diserap oleh tubuh dengan sempurna. Sementara kandungan antioksidannya mampu membersihkan sisa makanan pada usus dan membuangnya melalui saluran pembuangan atau anus.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas di peroleh dari asap rokok, hasil penyinarann ultra violet, zat pemicu radikal dalam makanan dan polutan lain. Jika tubuh mengalami radikal bebas, kulit akan menanggung bera gam masalah, seperti keriput. Untuk itu makan buah pepaya sangat bermanfaat karena kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas.

  1. Obat Kulit Melepuh

Bisa karena terbakar atau terkena knalpot yang panas, segera obati dengan ramuan ini. Ambil kulit buah pepaya, peras dan tampung getahnya. Oleskan pada kulit yang melepuh secara merata, diamkan seharian. Apabila kulit yang melepuh terlalu lebar, gunakan daging buah pepaya yang ditumbuk untuk mengobatinya.

  1. Obat Demam atau Malaria

Ambil selembar daun pelaya, tumbuk hingga memenuhi 1/2 gelas. Tuangkan air sebanyak 3/4 gelas, dan masukkan garam, Peras daun pepaya, saring airnya lalu diminum.

  1. Mencegah Resiko Mata Rusak

Jika Anda orang yang terus bertatapan dengan layar kaca tiap harinya atau pembaca buku, penuhi kebutuhan vitamin A agar mata tetap sehat dan segar. Caranya yaitu rutin konsumsi pepaya pada jam-jam tertentu, misalnya sehabis makan atau waktu istirahat. Dengan demikian risiko mata mengalami kerusakan semakin kecil.

Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat pepaya, semoga dapat diambil inti sarinya yaitu kesehatan sangatlah penting dan berharga bahkan lebih berharga daripada jabatan apapun, mulailai hudup sehat dengan memulainya perlahan dengan manfaat pepaya semoga bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login