stat counter Inilah Makam Sederhana Raja Abdullah | Aceh Online Magazine

Inilah Makam Sederhana Raja Abdullah

Makam-Raja-Abdullah

Atjehcyber.com – Meski semasa hidupnya, Abdullah sebagai raja Saudi masuk dalam jajaran orang terkaya dalam sejarah dunia dan hidup penuh dengan kemewahan, namun diakhir usianya Abdullah dimakamkan secara sederhana tanpa batu nisan mewah bertuliskan namanya di sebuah pemakaman umum Riyadh pada Jumat sore kemarin (24/1/2015).

Kematiannya tidak diratapi berlebihan dan tidak ada masa berkabung resmi di Arab Saudi serta bendera di seluruh wilayah kerajaan tetap berkibar secara penuh bukan setengah tiang. Meskipun mendapat popularitas di tengah rakyatnya, tidak ada pertemuan spontan di jalan-jalan kota untuk menandai kematiannya.

Kantor-kantor pemerintah beroperasi seperti biasa dan Jumat kemarin ditutup karena waktu libur di Saudi pada hari Jumat-Sabtu dan kembali normal pada hari Ahad, demikian dilaporkan Worldbulletin.

kuburuan-raja-abdulah-1

Sedangkan shalat Ashar dan jenazah yang mendahului pemakaman Abdullah diikuti oleh jajaran pemimpin Muslim, pangeran Saudi, ulama serta para miliarder pengusaha Arab. Setelah itu tubuhnya dibawa ke pemakaman menggunakan ambulans kota. Tidak ada yang istimewa serta spesial dari pemakaman Abdullah, yang negaranya sering disebut-sebut sebagai negara Wahabi ini.

Pemakamannya adalah perubahan kontras bagi sang raja yang selama hidupnya sering berwisata dalam kemewahan. Sebuah kabel diplomatik AS tahun 2006 mencatat bahwa ia secara pribadi meminta utusan AS untuk menyiapkan pesawat Boeing 747 yang dilengkapi dengan semua sistem keamanan canggih yang sama dengan Air Force One teman dekatnya salah satu dedengkot kekafiran Presiden AS George W. Bush.

Dibandingkan dengan gaya mewah dari banyak saudara dan keponakannya, Abdullah hidup lebih ‘hemat’. Dia memilih liburan di sebuah kamp padang pasir bukan istana Mediterania yang super mewah. Ia juga dikenal karena membatasi beberapa ekses keluarganya ke dalam kekuasaan, memerintahkan pangeran untuk membayar tagihan telepon mereka dan beberapa hal lain yang berbeda dengan kebiasaan raja-raja di dunia pada umumnya.

Baca juga:  Ulama Syiah Terkemuka Saudi Dihukum Mati

kuburuan-raja-abdulah-2

Dalam pemahaman keagamaan Abdullah dan negara Saudi secara umum yang dianggap menganut paham Wahabisme, kematian seseorang haruslah disikapi seperti biasa tidak berlebihan. Dan karena inilah paham keagamaan di Saudi mengecam berdirinya kuburan-kuburan yang dikeramatkan dan dipuja-puja seperti yang dilakukan banyak kaum Syiah dan sufi.

Pendahulu Abdullah juga dikebumikan di kuburan tak bertanda di pemakaman al-Aoud, serta kuburan sederhana lainnya yang ada di wilayah kerajaan.

Tentu saja, dengan kekayaannya, sang raja sangat mampu membangun istana megah di kuburnya itu sebagai lambang keperkasaan, seperti kubur-kubur mewah di Nusantara kita.

Tetapi tidak, biarlah sang raja yang telah menghafal al-Qur’an saat berumur 10 tahun dan menghafal matan kitab-kitab tauhid dan mutun ilmiah lainnya itu seperti rakyatnya di tempat dan tanah yang sama.

Tak ada semen, tak ada keramik-keramik mahal yang menyelimuti tanah gundukannya. Hanya dua papan kayu yang menghujam.

Tak ada nama dan tulisan bahwa kuburnya adalah kuburan seorang raja. Semua kuburan berbentuk dan berukuran sama. Tak ada pemakaman khusus. Semuanya sama disejajarkan dengan para rakyat jelatanya.

Sungguh, semuanya sunyi dari keharaman dan begitu sederhana untuk kuburan seorang pemimpin.

Terima kasih wahai pelayan kaum muslimin di seluruh dunia. Engkau berjasa dan di akhir hayatmu engkau telah mengajarkan sebuah kesederhanaan.

You must be logged in to post a comment Login