Home Internasional Jet-jet Tempur Jordania Serang Posisi ISIS di Suriah

Jet-jet Tempur Jordania Serang Posisi ISIS di Suriah

370
0
SHARE

 

2253012Tentara-Jordania-Melayat780x390

AtjehCyber.com – Amman – Jet-jet tempur Jordania, Kamis (5/2/2015), telah menggelar serangan udara terhadap Negara Islam Irak dan Suriah ( ISIS), sebagai balasan atas pembunuhan brutal terhadap pilot muda Moaz al-Kassasbeh.

“Angkatan udara Jordania sudah melakukan serangan terhadap sejumlah posisi ISIS,” kata seorang pejabat pemerintah yang tak mau disebutkan namanya.

Namun, pejabat ini tidak membeberkan lokasi dan waktu serangan udara itu. Dia berkilah pihak militer Jordania akan memberi pernyataan resmi dalam waktu dekat.

Sebelumnya Jordania sudah melakukan serangan reguler terhadap ISIS di Suriah sebagai bagian koalisi internasional pimpinan AS yang memerangi ISIS.

Pembunuhan pilot muda Moaz al-Kassasbeh yang pesawatnya mengalami kerusakan dan mendarat di kawasan yang dikuasai ISIS, membuat rakyat Jordania mendesak agar militer negeri itu meningkatkan serangan terhadap ISIS.

Pada Rabu (4/2/2015), Raja Abdullah mempersingkat kunjungan kenegaraannya ke Amerika Serikat setelah video pembunuhan Al-Kassasbeh dirilisi ISIS. “Darah Moaz al-Kassasbeh tidak akan sia-sia dan balasan Jordania serta militernya atas apa yang terjadi kepada putranya akan sangat hebat,” ujar Raja Abdullah.

Raja Abdullah menyempatkan diri mengunjungi Karak, kampung halaman Al-Kassasbeh yang berjarak 120 kilometer dari ibu kota Amman. Di kota itu keluarga Al-Kassasbeh mendirikan tenda duka untuk menerima para tamu yang menyampaikan bela sungkawa.

Ratusan orang termasuk perwakilan militer dan warga sipil berkumpul di saat Raja Abdullah yang mengenakan kafiyeh bercorak kotak-kotak merah putih duduk di sebelah ayah Moaz al-Kassasbeh, Safi.

logo_kompas_new