stat counter Lagi, ISIS Eksekusi Sandera Jepang | Aceh Online Magazine

Lagi, ISIS Eksekusi Sandera Jepang

isis-and-japanese-net

Atjehcyber.com – Sebuah video diunggah ke internet yang diklaim menunjukkan pemenggalan sandera Jepang, Kenjo Goto, oleh kelompok yang menamakan diri Negara Islam ( ISIS). Video menunjukkan seorang pria beraksen Inggris memenggal kepala Goto.

Di video tertera pula simbol yang sama dengan simbol-simbol sejumlah video ISIS sebelumnya. Video itu muncul kurang dari seminggu setelah seorang warga negara Jepang, Haruna Yukawa, dipenggal.

Goto (47) adalah seorang wartawan lepas terkenal dan pembuat film yang pergi ke Suriah Oktober lalu. Dilaporkan ia pergi ke Suriah untuk membebaskan seorang warga Jepang lainnya, Haruna Yukawa. Video yang diklaim menunjukkan pemenggalan Yukawa muncul kurang dari seminggu lalu.

Sementara itu, ibunda Goto Junko Ishido, mengaku dia tidak bisa menemukan kata-kata untuk meng gambarkan kematian putranya. Menurutnya Goto pergi ke Suriah karena kebaikan dan keberanian. Kakak laki-laki Goto, Junichi berharap adiknya dapat kembali ke Jepang dalam keadaan hidup. “Saya dipenuhi kesedihan (karena) dia tidak bisa melakukannya,” kata Junichi.

Jepang, bekerja sama dengan Jordania, berusaha membebaskan Goto dan pilot Jordania, Mu’ath Al-Kaseasbeh. Namun, perundingan mencapai jalan buntu pada Sabtu (31/1) pagi. Dalam pesan video Selasa lalu, ISIS menyatakan, Goto hanya “mempunyai waktu hidup 24 jam” dan AlKaseasbeh “bahkan lebih singkat”.

Kelompok ISIS itu kemudian menentukan tenggat waktu saat matahari terbenam hari Kamis bagi pembebasan Goto dengan syarat Jordania membebaskan perempuan Irak, Sajida al-Rishawi, yang dijatuhi hukuman mati karena pengeboman di Amman pada 2005. Tetapi, perundingan mungkin menjadi rumit karena Jordania juga menuntut Kaseasbeh dibebaskan.

Belakangan muncul kabar bahwa kelompok militan itu berhubungan lewat e-mail dengan ibu Goto, yang mengeluarkan tuntutan terbuka agar putranya dibebaskan. Semula ISIS menuntut pembayaran tebusan 200 juta dollar AS untuk pembebasan dua warga Jepang.

Kecaman atas pemenggalan tawanan asal Jepang, Kenji Goto, oleh kelompok ISIS itu, mengalir dari berbagai belahan dunia. Pemerintah AS, Inggris, dan Prancis bergabung bersama pemerintah Jepang dalam mengecam aksi pemenggalan tersebut.
Dalam pernyataan resmi, Presiden AS, Barack Obama mengatakan negaranya mengecam pembunuhan sadis mendiang Goto. Kemudian Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan ISIS perwujudan kejahatan yang tidak memedulikan nyawa manusia. (bbc/afp/ask)

Pemerintah Jepang Murka

Juru bicara pemerintah Jepang Yoshihide Suga, mengatakan Jepang murka atas perilisan video tersebut. Sebelumnya, PM Jepang Shinzo Abe mengatakan Jepang tidak akan menyerah pada terorisme dan dia akan meningkatkan bantuan ke Timur Tengah.

Dia menambahkan, Jepang akan bekerja sama dengan komunitas internasional dalam membawa pihak yang bertanggung jawab atas pembunuhan Kenji Goto ke pengadilan.

Sebelumnya, Jepang bekerja sama dengan Yordania berusaha membebaskan Goto dan pilot Yordania, Mu’ath al-Kaseasbeh. Namun perundingan mencapai jalan buntu Sabtu (31/01) pagi.(bbc)

You must be logged in to post a comment Login