Home Internasional Tali Penggantung Saddam Hussein Ditawar Rp 88 Miliar

Tali Penggantung Saddam Hussein Ditawar Rp 88 Miliar

262
0
SHARE

Tali Yang Dipakai Menggantung Saddam Hussein. (c) NyPost
Tali Yang Dipakai Menggantung Saddam Hussein. (c) NyPost

Atjehcyber.com – Tali yang dipakai menggantung Saddam Hussein itu menjadi buruan orang-orang kaya dunia, mulai Israel, Iran, hingga Kuwait.

Dream – Tali yang digunakan untuk menggantung mantan penguasa Irak, Saddam Hussein, dilelang. Pejabat Irak mengatakan, sejumlah orang Timur Tengah, seperti dari Israel, Iran, dan Kuwait, berlomba-lomba mendapatkan tali dengan membuat tawaran US$ 7 juta atau sekitar Rp 88,7 miliar.

Saddam Hussein digantung pada 2006 silam. Setelah rezim pemerintahannya terguling setelah kedatangan tentara koalisi pimpinan Amerika Serikat. Dan enam tahun setelah eksekusi, tapi penggantung itu dilelang oleh mantan Perdana Menteri Irak, Mowaffak Al-Rubaie.

Meskipun tawaran itu terdengar konyol, Al-Rubaie menginginkan jumlah yang lebih besar. Pada 2013, dia mengatakan bahwa tali itu dibawa oleh anak buahnya setelah menurunkan Saddam Hussein dari tiang gantungan.

Pemerintah Irak tidak berkomentar dengan lelang ini. Tapi hukum setempat menyatakan bahwa jika item tersebut dijual, uang itu harus masuk ke kas negara.