Home Internasional Temukan Delapan Planet Baru untuk Dihuni

Temukan Delapan Planet Baru untuk Dihuni

267
0
SHARE

An Earth-like planet orbiting a star that has formed a 'planetary nebula'

AtjehCyber.com – Cambridge – Bumi bukan satu-satunya planet yang bisa ditinggali oleh mahluk hidup. Para peneliti di Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian (CfA) menemukan ada delapan planet lain yang memungkinkan untuk dijadikan tempat tinggal. Kedelapan planet ini terletak di luar tata surya. Laporan penemuan ini dirilis kemarin (7/1).

“Sebagian besar dari planet ini kemungkinan besar berbatu seperti bumi,” ujar Guillermo Torres, salah seorang penulis laporan. Dua diantaranya yang diberi nama Kepler-438b dan Kepler-442b adalah yang paling mirip dengan  bumi.

Sayangnya jarak mereka sangat jauh. Jika ingin kesana, harus ke Mars lebih dulu. Kepler-438b lebih besar 12 persen daripada bumi.

Dia mengungkapkan bahwa planet-planet ini tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh dari bintang, jadi kemungkinan besar disana ada air. Bintang merupakan benda langit yang memancarkan panas dan cahaya. Sebagai contoh, matahari merupakan salah satu bintang yang paling dekat dengan bumi.

Ukuran delapan planet yang baru ditemukan ini juga pas serta mendapat cahaya yang cukup dari bintang di dekatnya. Permukaan delapan planet ini juga menyokong kehidupan.

Meski begitu, para peneliti ini masih belum yakin seratus persen bahwa delapan planet ini benar-benar bisa dijadikan tempat tinggal.

“Kami tidak tahu pasti apakah salah satu planet tersebut benar-benar bisa ditinggali. Apa yang bisa kami katakan adalah planet-planet tersebut cukup menjanjikan untuk dijadikan kandidat (sebagai planet baru untuk tempat tinggal),” ujar penulis CfA lainnya David Kipping. (CNN/BBC/sha/ami)

jpnn_logo1