Home Lifestyle Bayar Rp 1,9 miliar agar langit tetap cerah saat menikah

Bayar Rp 1,9 miliar agar langit tetap cerah saat menikah

979
0
SHARE

bayar-rp-19-miliar-agar-langit-tetap-cerah-saat-menikah

Perusahaan travel mewah Oliver’s Travels menawarkan klien kayanya layanan pernikahan yang inovatif, yakni langit cerah selama seminggu.

Untuk menikmati layanan tersebut, Anda harus merogoh kocek hingga lebih dari USD 150.000 (sekitar Rp 1,9 miliar). Harga dari layanan ini memang sangat fantastis, namun pihak perusahaan menjamin bahwa langit akan cerah selama seminggu sampai acara pernikahan digelar.

Tetapi, perusahaan ini tentunya tidak memakai jasa pawang hujan. Mereka bahkan mungkin tidak mengetahui profesi semacam itu. Oliver’s Travels melakukannya secara ilmiah, yakni dengan menyemai awan. Teknik ini melibatkan penembakan roket yang diisi dengan kristal perak iodida ke dalam awan hujan. Partikel itu akan membekukan tetesan air di awan, sehingga mereka terus tumbuh dan akhirnya jatuh dari awan sebagai salju, dan kemudian berubah menjadi hujan sebelum mencapai tanah.

20150203101644-1-olivers-travels-001-destriyana

Cloud-seeding sendiri sebetulnya bukan teknik baru; itu dikembangkan di Rusia pada tahun 1940-an, untuk mencegah curah hujan yang tak terduga. Sejak itu, teknik tersebut telah digunakan secara luas di seluruh dunia untuk mencegah kabut di bandara, meningkatkan salju di resor ski, dan menghentikan hujan es di daerah perkotaan. Di China, penyemaian awan dilakukan sebelum memasuki masa liburan, membubarkan polusi dan memastikan langit tetap cerah. Teknik ini juga digunakan di pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada tahun 2011.

20150203101644-2-olivers-travels-002-destriyana

Photos byOliver’s Travels

Oliver’s Travels kini telah memperluas teknologi itu untuk bisnis perencanaan pernikahan. Perusahaan ini kerap mengorganisir tempat-tempat pernikahan yang dilakukan di kastil dan rumah megah di Inggris, Italia dan Prancis, dan pantai Karibia.

Meski ide penyemaian awan ini bisa dikatakan brilian, teknik itu memiliki beberapa keterbatasan. Itu hanya bekerja pada awan kecil atau sedang, dan ada beberapa masalah lingkungan juga yang bisa dipicu oleh teknik tersebut. Walau begitu,Oliver’s Travelssaat ini telah menawarkanlayanan itu di Prancis, dan berencana untuk memperluasnya ke Inggris jika terbukti berhasil.