stat counter Cara Memastikan Kehalalan Produk Bahan Makanan Dapur | Aceh Online Magazine

Cara Memastikan Kehalalan Produk Bahan Makanan Dapur

cara-memastikan-kehalalan-produk-bahan-makanan-dapur

ATJEHCYBER.com – Memasak dan membuat kreasi makanan sangat menyenangkan bukan? namun alangkah baiknya sebelum memasak kita perlu tahu apakah bahan yang digunakan benar-benar halal atau tidak. Beberapa kasus dalam dunia memasak misalnya ragu dengan kemasan fermipan yang tidak ada label halalnya, ovalet atau sp tanpa bermerk, dan sejeninya. Bagaimana mencari kejelasannya? berikut:

1. Gunakan internet

Sebagai ibu yang berkembang di era digital maka gunakan internet untuk mencari tahu apakah produk yang anda beli benar-benar halal meskipun tidak tercantum label halal. Bukan tanpa alasan jika beranggapan seperti itu, karena ternyata beberapa perusahaan penyedia produk bahan makanan memiliki alasan atau standar mengapa tidak mencantumkan label halal.

Anda bisa menggunakan internet dengan cara menuliskan beberapa pertanyaan ke alamat email yang tercantum pada bungkus atau kemasan produk. Misalnya bingung, mengapa produk dari perusahaan yang sama ada label halalnya dan sebagian yang lain tidak memiliki label halal tersebut.

Nah, saat kondisi seperti itu tentu akan  membuat anda bingung apakah bahan tersebut harus dibuang atau ditukarkan, namun jangan terburu-buru melakukannya. Anda dapat mencari tahu melalui internet soal pengalaman yang anda alami, sebab di luar sana pasti juga ada banyak pihak yang mengalami kasus serupa, bertanyalah dan minta pendapat.

2. Bertanya pada penjual Jika berbelanja di pasar

Beberapa ibu rumah tangga yang gemar berbelanja bahan makanan di pasar tentu berbeda dengan mereka yang berbelanja di mall atau supermarket. Salah satu keunggulan yang dimiliki jika berbelanja di pasar adalah mudahnya menjalin komunikasi dengan penjual.

Ya, jika anda membeli bahan makanan seperti mentega, sp/ovalet, fermipan, dan sebagainya di pasar namun dalam produk tersebut dibentuk dengan kemasan seadanya maka jangan sungkan bertanya pada penjualnya dari mana ia mendapatkan semua produk yang dijajakan.

3. Manfaatkan layanan customer care yang tercantum pada kemasan

Bila anda kurang mahir dalam menggunakan internet atau kurang menemukan kejelasan yang diinginkan, maka gunakanlah layanan customer care yang disediakan oleh perusahaan. Biasanya layanan customer care akan menjawab lebih detail dan cepat bila konsumen memberikan daftar pertanyaannya.(Ummi)