stat counter Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit | Aceh Online Magazine

Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

anak yang sehat pasti bahagia

anak yang sehat pasti bahagia

AtjehCyber.Com | Menjaga kesehatan anak tentu jadi salah satu faktor paling penting yang harus dilakoni oleh para orangtua. Hal ini tentu berdampak terhadap kesehatan si kecil agar dia tidak mudah sakit. Jika anak sakit tentu saja orangtua jadi repot, bukan? Tidak hanya itu, kasihan juga melihat si kecil harus dirawat mungkin di rumah sakit dengan bera gam selang di sana sini.

Namun, memang, terkadang sakit tidak bisa dihindarkan apalagi jika memasuki musim pancaroba atau sekarang cuaca malah tidak menentu. Oleh karena itu, persiapan orangtua akan proteksi bagi keluarganya juga sangat penting. Pastikan seluruh anggota keluarga Anda telah jadi peserta BPJS Kesehatan ya. Dengan begitu, kalau-kalau ada salah seorang anggota keluarga yang sakit, tidak perlu terlalu kuatir soal biaya.

Nah, kembali ke cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit. Anda bisa melakukannya tanpa harus membatasi aktivitas anak-anak. Anak-anak masih tetap bisa bermain dengan teman-temannya, masih bisa ikut les dan sebagainya. Jadi, bagaimana caranya? Berikut beberapa tips dan cara menjaga kesehatan anak:

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Anak

  1. Kurangi makanan cepat saji

Tidak menjadi hal aneh lagi apabila anak-anak tak suka pada makanan sehat, seperti misalnya sayuran. Anak-anak biasanya lebih suka makanan cepat saji karena cita rasanya yang begitu melekat, yakni gurih atau manis. Namun, para Ibu perlu memberi tahu apabila makanan cepat saji tidak baik bagi si kecil. Kandungan bahan kimia dan juga zat adiktif mengakibatkan bahaya bagi tubuh karena bisa menurunkan kekebalan tubuhnya. Oleh karena itu, ajarkan anak untuk mengonsumsi makanan sehat. Para Ibu juga dapat mengakalinya dengan penyajian yang menarik dan rasa yang enak lewat bera gam perpaduan bahan yang sehat. Untuk itu, biasakan sedari kecil untuk konsumsi sayuran dan buah-buahan bagi anak.

Makanan yang punya nutrisi sehat akan mendukung daya tahan tubuh dan perkembangan anak itu sendiri. Anak-anak tidak mudah terkena penyakit, Anda dan pasangan tentu lebih lega, bukan? Perkembangan anak-anak juga tidak terhambat.

  1. Olahraga

Tidak hanya orang dewasa saja yang butuh olahraga, tetapi juga si kecil. Olahraga akan melatih tubuh anak jadi sehat dan bugar serta punya daya tahan tubuh. Salah satu cara agar anak-anak mau berolahraga maka Anda dan pasangan pun harus ikut. Anda dapat mengajak anak-anak bermain sepeda ataupun sekadar bermain di taman.

  1. Istirahat yang cukup

Ya! Jangan anggap remeh istirahat yang cukup. Lelah dari aktivitasnya, anak-anak dapat beristirahat karena cara ini dapat mengembalikan kebugaran tubuhnya. Sistem kekebalan tubuh pun kembali karena sudah mendapatkan cukup tidur.

  1. Jauhkan anak dari asap rokok

Sudah bukan rahasia lagi kalau asap rokok memiliki kandungan racun yang bisa ganggu dan membunuh sel-sel di dalam tubuh, termasuk anak-anak. Anak-anak jadi lebih rentan terhadap penyakit dan perkembangan syarafnya dapat terhambat. Jadi, ada baiknya tidak merokok di dalam rumah dan di dekat anak-anak.

  1. Siapkan proteksi

Sebagaimana sudah disinggung di awal artikel. Menyiapkan proteksi adalah hal yang bijaksana. Penyakit terkadang tidak bisa kita hindari. Oleh karena itu, siapkan proteksi bagi seluruh anggota keluarga, apakah itu dengan BPJS ataupun asuransi kesehatan lainnya. Pilih yang sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Tidak sulit kan, Ayah dan Bunda? Cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit harus dimulai sedini mungkin.

You must be logged in to post a comment Login