stat counter Ternyata Diet Bisa Menyebabkan Kerontokan Rambut | Aceh Online Magazine

Ternyata Diet Bisa Menyebabkan Kerontokan Rambut

woman-stressed-getty-imagesAtjehcyber.com – Jika belakangan Anda merasa rambut di kepala cenderung menipis, cobalah untuk mengkaji kembali pola diet Anda. Kerontokan rambut ternyata dapat berasal dari kurangnya asupan vitamin D dan zat besi akibat pola makan yang berhubungan dengan diet.

Para peneliti di Universitas Cairo menemukan fakta bahwa wanita yang mengalami kerontokan rambut ternyata memiliki kadar vitamin D2 dan zat besi yang rendah. Rambut bisa makin menipis jika asupan vitamin D dan zat besi kurang dari takaran yang ditetapkan untuk setiap tubuh.

“Penelitian ini merupakan kali pertama kami menemukan pengaruh kurangnya Vitamin D dalam tubuh yang berakibat fatal untuk kesehatan rambut,” ujar Rania Mounir Abdel Hay, MD, seorang dermatologist yang sekaligus menjabat sebagai asisten peneliti Universitas Cairo. “Ada faktor ekspresi gen yang mendorong pertumbuhan folikel pada pertumbuhan rambut.” Adapun kekurangan zat besi juga dapat mengakibatkan proses enzim yang harusnya berjalan mulus, jadi terhambat.

Disarankan untuk tetap mengkonsumsi minimum 600 IU vitamin D per hari. Meski disadari, bahwa memang tidak mudah untuk mendapatkan cukup vitamin D dalam sebuah pola diet, Anda bisa mencoba dengan mengkonsumsi ikan salmon yang memiliki 450 IU per 3 ons, susu rendah kalori dan jus jeruk yang masing-masing memiliki 115 hingga 135 IU serta asupan suplemen vitamin D yang memiliki banyak manfaat , seperti mencegah penyakit kanker, jantung dan pengeroposan tulang.

You must be logged in to post a comment Login