stat counter 7 Hal yang Membuat Kuliah Berantakan dan Solusinya | Aceh Online Magazine

7 Hal yang Membuat Kuliah Berantakan dan Solusinya

016993400_1438079865-Kuliah

ATJEHCYBER.com – Gak dipungkiri gansis, terutama mahasiswa perantauan dengan kondisi jauh dari orang tua dan jauh dari pengawasan membuat kita merasa sangat bebas untuk mengekspresikan apapun yang kita inginkan. Tidak jadi masalah selama itu hal yang positif, tapi kalau cenderung ke arah negatif gimana gan? bisa bikin kuliah gansis malah berantakan, apa aja sih yang bisa bikin kuliah berantakan?

1. Salah Jurusan

Salah jurusan menjadi salah satu penyebab kuliah kita berantakan gansis entah karena kemauan orang tua, entah karena kepepet, dll, membuat kita males jalaninnya, akhirnya membuat kita ga peduli mau kuliah berantakan atau ga, toh udah salah dari awal.
Solusi:
– Nah kalo dah gini gansis harus segera memutuskan bubar jalan seawal mungkin dan komunikasikan dengan orang tua jurusan apa yang anda inginkan
– Atau tetap di jurusan tersebut dengan konsekuensi gansis harus jalanin bener2, toh pasti ada manfaat dan hikmahnya dibalik Salah Jurusan

2. Kebanyakan Main

Terutama sebagian mahasiswa baru nih, awal-awal merasakan kebebasan sepenuhnya. Bebas main, bebas pulang malem, bebas begadang. Bisa dugem bahkan 7kali dalam seminggu. Main boleh saja gansis, apalagi kita di perantauan, cari temen dan relasi baru sangat di anjurkan. Siapa tau dimasa yang akan datang bisa jadi rekan bisnis atau rekan kerja. Dugem sesekali untuk melepas penat ya ga masalah, yang jelas diwaktu luang pastinya. Tapi kalo berlebihan juga ga baik, main, dugem pulang pagi, akhirnya badan capek, ga bisa bangun pagi, kuliah terbengkalai.
Solusi:
– Kontrol diri gansis, ingat mahasiswa rantau tujuan utama adalah kuliah
– Bisa bagi waktu dengan baik, dalam dunia kerja istilahnya Work Hard Play Hard

3. Kebanyakan Ngegame

Gamers jangan kasih ane bata haha. Sebenernya ga ada yang salah dengan game, TS juga gamer kok, dari DoTA, COD, Assassin Creed, Skyrim ane juga main. Tapi kalo game berlebihan ga inget waktu sampe lupa kuliah ini berabe gansis, game buat hiburan ketika kita penat sama aktifitas kita. Tapi ga salah juga kalo gansis seriusin game dan akhirnya jadi seorang profesional, toh banyak contohnya yang sukses jadi gamers profesional.
Solusi
– Inget waktu ketika bermain game, jangan sampe mengganggu kuliah kita
– Kalo emang udah addict, kenapa ga sekalian jadi profesional yg menghasilkan uang, sebagai ganti kuliah kita yg terbengkalai, malah siapa tau jadi game developer.

4. Kerja

Nah ini pengalaman pribadi gan, kenapa ane bisa sampe kuliah lama. Cari pengalaman sah-sah saja gan, terutama pengalaman kerja. Jadi pas lulus nanti kita udah ga kaget sama dunia kerja. Tapi namanya orang kerja, dapet duit, nikmatnya ngrasain cari uang sendiri, apalagi yang ngrasain penghasilan diatas rata-rata, kebanyakan pasti terlena, akhirnya kuliah terbengkalai, ane gan contohnya
Solusi:
– Bagi waktu gan antara kuliah dan kerja, jadi kuliah tetap lancar jaya
– Kalau emang karir atau berwirausaha lebih prospek dan wort it ga masalah gan ninggalin kuliah, toh dalam karir yang nantinya bukan IPK yg dinilai pada akhirnya, memang gansis layak menempati posisi itu, byk contohnya pengusaha atau eksekutif yg sukses dengan latar belakang DO, tapi untuk jadi pengusaha atau eksekutif yg sukses juga ga harus DO

5. Organisasi

Berorganisasi sangat di anjurkan gansis, dengan berorganisasi dapat melatih softskill kita, social skill, leadership, dan masih banyak lagi gan, tapi kalo kegiatan berorganisasi ini sampai mengganggu kuliah kita, mending dikurangi gan porsinya, biar seimbang, jangan sampai deh karena organisasi kuliah kita berantakan, toh kuliah berantakan emang organisasi bertanggung jawab sama kuliah kita? ga gan, kita sendiri yang nanggung.
Solusi:
– Seimbangkan antara berorganisasi dan kuliah
– Tahu mana yang harus diprioritaskan.

6. Kekasih

Namanya anak muda gan, memadu kasih itu menurut ane biasa. Yap selama itu ga sampe merusak masa depan, dan hubungan masih dalam hubungan yang sehat, sepertinya ga ada yang perlu disalahkan dengan punya pacar. Tapi kalo udah sampek ganggu kuliah, misal pacar terlalu posesif, kemana-mana kita di stalk bikin ga nyaman, akhirnya yang ada hubungan cuma berantem dan mengganggu kuliah gmna, jangan sampe. Apalagi yang sampe putus trus galau berkepanjangan, kuliah ditinggal, cuma meratapi nasib di kamar kos bahkan sampe bunuh diri ini paling GOBLOK menurut ane, heloo gansis, hidup ga berenti cuma masalah cinta2an doang, keep move foward pacaran boleh aja tapi inget, harus Ingat, Pacarnya digaransi TAM, kalo udah rewel dan mengganggu langkah gansis mencapai tujuan, langsung buang ganti baru.
Solusi:
– Inget tujuan gan, inget goal gansis, hidup ga berenti dicinta-cintaan yg penuh drama
– kalo hubungan udah ga sehat, BUBAR jalan aja gan
– Jangan bikin diri kita bergantung sama pacar
– 7 Milyar manusia, masa iya gansis takut kehilangan orang yang ga bikin gansis jadi lebih baik

7. Pemalas

Kalo yang ini ga perlu dikasih gambar gansis juga ngerti, kalo tipe yg begini udah susah dah buat sembuh, solusinya ya ada di kemauan si pemalas itu sendiri.

KASKUS.co.id