stat counter Kamu Mahasiswa Baru dan Ngekos untuk Pertama Kali? Ini 14 Barang yang Harus Kamu Miliki di Kamar Kosmu | Aceh Online Magazine

Kamu Mahasiswa Baru dan Ngekos untuk Pertama Kali? Ini 14 Barang yang Harus Kamu Miliki di Kamar Kosmu

Desain-Interior-Kamar-Kos-Idaman-Simpel-dan-Cantik-7-RUang-Sempit-Tapi-Nyaman

ATJEHCYBER.com – Sebentar lagi kamu akan menjadi mahasiswa di kampus impianmu. Jika kampusmu ini berada di luar kota, tentu kamu harus ngekost. Kalau ini pengalaman pertamamu tinggal jauh dari rumah, kamu harus mempertimbangkan untuk memiliki 14 barang ini di kamarmu.

Mungkin kamu sekarang menyandang status baru sebagai mahasiswa. Setelah perjuangan mengikuti berbagai ujian saringan, akhirnya kamu bisa masuk ke kampus yang kamu inginkan. Jika kampusmu berada di luar kota atau bahkan luar provinsi, kamu tentu perlu ngekos. Tinggal jauh untuk pertama kali dari rumah, bukan perkara mudah. Kamu harus belajar mengurus segala keperluanmu sendiri. Mulai dari soal makan, menata kamar, membersihkan kamar, dan soal kebutuhan hidup lainnya. Menjadi anak kos tentu jauh berbeda dengan di rumah yang semuanya serba ada.

Ada berbagai jenis kamar kos yang tersedia. Ada kamar kos yang menyediakan barang-barang dasar untuk penghuninya seperti lemari, kasur, dan meja belajar. Akan tetapi, ada juga kamar kos yang tidak menyediakan apapun, biasanya disebut ‘kamar kosongan’. Kamu memerlukan banyak barang untuk mengisi kamarmu ini agar kamu dapat tinggal nyaman di dalamnya. Kamu mungkin mempertimbangkan untuk membeli barang-barang yang dapat mempermudah aktivitasmu sehari-hari. Ada banyak sekali barang yang ingin kamu beli. Tapi tunggu dulu, kamu harus mempertimbangkan kemungkinan kamu untuk pindah kos karena berbagai alasan. Jika kamu membeli terlalu banyak barang, kamu mungkin akan kerepotan ketika harus pindah kos. Selain itu, ada kemungkinan kamu akan menjadi mahasiswa yang aktif di berbagai kegiatan kampus sehingga kamu akan jarang berada di kos. Hal ini akan membuat beberapa barang yang telah kamu beli menjadi jarang digunakan dan hanya akan mempersempit kamarmu. Trivia mencoba membatumu memberi daftar sepuluh barang yang wajib kamu miliki dan empat barang yang harus kamu pertimbangkan ulang untuk dimiliki.

1. Rak Buku

Sebagai seorang mahasiswa, kamu pasti dituntut untuk memiliki beragam buku. Dari mulai buku diktat/teori yang tebal, hingga jurnal-jurnal elektronik yang kamu print demi kenyamanan membaca. Kadang kamu juga ingin membeli buku-buku ringan seperti novel untuk hiburan dan menambah wawasanmu. Maka, rak buku wajib kamu punyai agar dekat sekali dengan buku atau jurnal-jurnal yang harus dibaca. Kamu tentu tidak ingin buku dan jurnal-jurnal tersebut tidak berserakan di dalam kamarmu. Tanpa tempat penyimpanan, mungkin kamu mungkin akan kebingungan saat mencari buku yang kamu perlukan. Jika kamu merasa rak buku terlalu besar untuk kamarmu, kamu bisa mempertimbangkan untuk memiliki rak buku yang bisa ditempel di dinding. Sekarang, sudah ada banyak jenis rak buku dinding yang dapat mempercantik kamarmu sekaligu praktis dan tidak memakan banyak tempat.

2. Cermin

Kamu tentu ingin selalu tampil rapi ketika hendak ber kuliah. Tanpa cermin, kamu akan kesulitan melihat keseluruhan penampilanmu. Kamu perlu mempertimbangkan sebesar apa cermin yang kamu butuhkan. Idealnya, kamu membutuhkan cermin setinggi separuh tubuhmu. Akan tetapi, kalau kamu memiliki lemari yang dilengkapi dengan cermin, kamu hanya perlu membeli cermin kecil untuk mempermudah ketika kamu merias wajah.

3. Gantungan Baju

Benda ini memang sederhana, tapi kamu pasti membutuhkan gantungan baju untuk menempatkan baju-bajumu yang mungkin kamu pakai sewaktu-waktu dalam keadaan rapi seperti kemeja, kebaya, atau jas almamater kampus. Selain itu, kamu juga memerlukan gantungan baju yang bisa menempel di dinding. Kamu bisa menyimpan jaket atau syal yang sewaktu-waktu harus kamu pakai sehingga bisa dengan cepat kamu gunakan.

4. Penanak Nasi

Mungkin kamu berpikir, sebagai mahasiswa, kamu akan lebih sering membeli makanan di warung daripada masak sendiri. Akan tetapi, memiliki penanak nasi akan membuatmu menghemat pengeluaran makanan. Apalagi jika kamu cukup sering bolak-balik kampus dan kos, kamu pun tinggal membeli lauk-pauk pendamping nasi.

5. Peralatan Makan

Kamu pasti membutuhkan piring, sendok, garpu, dan pisau (pisau roti dan pisau untuk memotong) + mangkok + gelas + botol air minum/tumbler + kotak makan untuk membeli lauk. Meskipun dalam rencanamu, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk makan di warung atau kantin kampus, kamu pasti membutuhkan benda-benda ini. Pertimbangkan untuk memiliki lebih dari satu peralatan makan, karena mungkin kamu akan makan bersama dengan teman-temanmu di kos.

6. Dispenser dan Galon Air Minum

Benda ini memang besar dan akan mengambil banyak tempat di kamarmu. Akan tetapi, dispenser adalah benda yang akan sangat membantumu di kesehariankamu butuhkan. Bila suatu hari kamu sedang tidak enak badan dan ingin minum minuman hangat sedangkan kamu tidak memiliki kompor, maka dispenser dapat menyediakan air panas buatmu. Membeli air minum galon juga lebih efisien untuk pengeluaranmu, sehingga pertimbangkan untuk berinvestasi pada dispenser berkualitas. Meski demikian, jika kosmu telah menyediakan dispenser, ada baiknya kamu tetap memiliki galon air minummu sendiri, dilengkapi dengan pompanya. Jadi, sewaktu-waktu air minum di kos habis, kamu memiliki cadangan yang cukup.

7. Kotak P3K

Kamu pasti ingin selalu sehat dan jauh dari penyakit. Akan tetapi, tidak ada salahnya kamu berjaga-jaga untuk dengan memiliki satu kotak obat. Kamu tidak perlu menyimpan obat-obatan mahal, cukup obat-obat ringan yang biasanya kamu minum seperti obat sakit kepala atau obat penurun panas. Jangan lupa sediakan pula cairan antiseptik, plester luka, serta obat merah.

8. Rak Sepatu

Benda ini akan sangat kamu butuhkan terutama bila kamu memiliki lebih dari tiga pasang sepatu. Sepatu-sepatumu akan memenuhi kamarmu bila tidak disediakan tempat khusus. Rak sepatu ini bisa kamu letakkan di beranda kamarmu sehingga kamu tidak akan membawa kotoran dari sepatumu ke dalam kamar.

9. Jemuran Handuk

Bila kamu menyimpan handuk basah di dalam kamar, handukmu akan bau. Begitu pula kamarmu, yang akan menjadi sedikit lembap karena handuk basah ini. Dengan jemuran handuk, kamu bisa menggantung handuk basahmu dan meletakkannya di luar kamarmu. Dengan begitu, handukmu akan kering dan kamarmu terhindar dari kelembapan.

10. Alat Kebersihan

Kamu pasti akrab dengan kalimat “Kebersihan sebagian dari iman.“ Kamu tentu tidak ingin kamarmu kotor penuh dengan debu dan sampah yang berserakan bukan? Apalagi kalau kamu hobi membawa camilan ke dalam kamar, akan ada banyak remah makanan berserakan di lantai. Bila kamu tidak membersihkannya, sisa-sisa makanan ini akan mengundang semut dan kecoa untuk bersarang di kamarmu. Kamu pasti memerlukan alat-alat kebersihan seperti sapu + sapu lidi untuk membersihkan kasur dan kain pel untuk menjaga kamarmu tetap bersih.

11. Televisi

Kamu merasa harus memiliki televisi seperti di rumah, karena takut kesepian dan bosan jika tidak ada hiburan. Pada kenyataannya, dengan segala kemudahan teknologi digital di era ini, keberadaan televisi bukan lagi suatu kebutuhan yang mendesak. Bila kamu ingin menonton, kamu bisa streaming melalui laptopmu. Bila kamu ingin mengikuti mendapatkan berita terhangat, kamu juga bisa mengaksesnya melalui telepon genggammu. Jadi, keberadaan televisi di kamarmu bukanlah sebuah keharusan. Apalagi, memiliki televisi akan menambah beban pengeluaranmu, dan membuatmu malas bersosialisasi dengan teman kosmu.

12. Lampu Belajar

Sebagai seorang mahasiswa, tugas utamamu adalah belajar. Kamu mungkin akan mempertimbangkan memiliki lampu belajar agar lebih nyaman saat membaca buku atau mengerjakan tugas. Akan tetapi, pertimbangkan dahulu sebelum membelinya. Kenyataannya, tidak semua mahasiswa mempergunakan lampu belajar yang mereka miliki, karena penerangan di kamar kos sudah cukup baik. Kebanyakan lampu belajar ini malah akan berakhir di pojok kamar. Hal ini juga berlaku untuk lampu hias . Kamu mungkin melihat beberapa inspirasi kamar di tumblr atau pinterest yang terlihat sangat cute. Bila ingin membeli lampu-lampu hias seperti ini, pertimbangkan besar kamarmu dan efisiensi dari lampu-lampu ini. Jangan sampai, kamu membeli lampu-lampu ini hanya karena tergiur oleh foto di media sosial. Sedangkan kenyataannya, kamu tidak mempergunakan lampu-lampu yang sudah kamu beli.

13. Setrika

Kamu perlu mempertimbangkan untuk memiliki sebuah setrika. Sebagai mahasiswa baru, kamu akan disibukkan dengan berbagai kegiatan ospek atau tugas kuliah. Kamu akan memiliki sedikit waktu untuk merapikan bajumu. Kamu mungkin akan lebih memilih jasa laundry yang kebanyakan menawarkan jasa dengan harga miring untuk mahasiswa. Sehingga, memiliki setrika bukan kebutuhan mendesak buatmu.

14. Tanaman dan Hewan Peliharaan

Kamu memiliki hobi berkebun, tapi kosmu tidak memiliki kebun atau bahkan tidak memiliki halaman. Kamu tidak bisa menyalurkan hobimu ini, maka kamu berpikir untuk memiliki tanaman di dalam kamarmu. Tanaman di dalam ruangan memang bisa mempercantik kamar dan membawa kesegaran. Akan tetapi, selalu pertimbangkan kebersihan kamarmu dan seberapa banyak tanaman ini akan mengambil tempat di kamarmu. Sebaiknya pilih tanaman yang mudah di rawat seperti kaktus atau sukulen. Demikian pula bila kamu seorang pecinta hewan. Kamu mungkin akan berpikir untuk memelihara hewan sebagai teman untuk menemanimu di kamar. Jika memelihara anjing atau kucing terlalu merepotkan buatmu, coba adopsi landak mini atau hamster. Hewan-hewan kecil ini suka bertingkah lucu yang akan menjadi hiburan tersendiri buatmu. Akan tetapi, ingat untuk menyesuaikan dengan luas kamar dan kebutuhanmu. Bila kamarmu tidak terlalu luas, jangan sampai hewan-hewan ini malah akan membuat kamarmu lebih sempit. Bila kamu mahasiswa yang super sibuk sebaiknya tidak memiliki hewan peliharaan, karena mungkin kamu tidak memiliki waktu untuk peliharaanmu.

Tinggal jauh dari rumah memang merupakan pengalaman yang berharga. Kamu akan mengetahui mana hal yang kamu butuhkan dan mana yang tidak. Kamu juga akan lebih mengenal dirimu sendiri. Pertimbangkan daftar barang-barang di atas agar membuat pengalaman kosmu menjadi nyaman dan menciptakan kondisi kamar yang menyenangkan untuk belajar. Kamu harus selalu ingat untuk membeli barang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan membeli barang hanya karena merasa perlu, namun pada akhirnya membuat kamarmu penuh sesak dan kurang nyaman untuk kamu tinggali.

TRIVIA.ID