stat counter Wow, Rumah Ini Hasilkan Listrik Sendiri! | Aceh Online Magazine

Wow, Rumah Ini Hasilkan Listrik Sendiri!

ZEB dapat memproduksi listriknya secara mandiri berkat atap panel solar. Dengan mencondongkan atap panel solar hingga mencapai sudut 19 derajat ke arah tenggara, cahaya matahari dapat diserap lalu dikonversi menjadi listrik. (c) snohetta

ZEB dapat memproduksi listriknya secara mandiri berkat atap panel solar. Dengan mencondongkan atap panel solar hingga mencapai sudut 19 derajat ke arah tenggara, cahaya matahari dapat diserap lalu dikonversi menjadi listrik. (c) snohetta

Atjehcyber.com – Suatu rumah yang bebas emisi nyatanya bisa pula menghasilkan daya sendiri. Hal semacam ini dibuktikan oleh ZEB Pilot House di Larvik, Norwegia.

ZEB adalah suatu rumah beratapkan panel solar yang didesain oleh Snohetta berbarengan dengan Research Center on Zero Emission Buildings.

ZEB bisa menghasilkan listriknya dengan cara mandiri karena atap panel solar. Dengan mencondongkan atap panel solar sampai meraih pojok 19 derajat ke arah tenggara, sinar matahari bisa diserap lantas dikonversi jadi listrik.

Tidak tanggung-tanggung, listrik yang dihasilkan juga bisa menggerakkan suatu mobil elektrik hingga 12. 500 mil.

Menurut arsitek pemimpin proyek ZEB Pilot House, Anne Cecilie Heug, posisi optimum untuk lakukan penyerapan sinar matahari sesungguhnya menyudut sampai 45 derajat. Tetapi, hal itu bakal bikin rumah mempunyai bentuk lucu dan susah untuk di buat.

“Meski demikian, atap yang sudah dicondongkan itu bisa dimodifikasi serta diterapkan pada bangunan lain dengan tujuan tidak sama. Rumah di Australia, umpamanya, mesti dicondongkan ke arah utara, ” tutur Haug.

Bangunan-bangunan dengan manfaat yang tidak sama, Haug meneruskan, akan memakai bentuk atap panel itu pada saat spesifik dalam satu hari.

“Sebuah gedung perkantoran pasti mau memanen semakin banyak listrik pada tengah hari saat kebanyakan orang menggerakkan computer mereka. Hal semacam ini lantaran daya solar paling efektif saat digunakan segera (di waktu tengah menghasilkan listrik), ” lebih Haug.

Lantaran didesain untuk orang-orang, Snohetta waspada dalam memasukkan seri organik juga sebagai bahan ZEB. Walau demikian, terus bakal memperoleh sentuhan irit daya di dalamnya. “Ini yaitu rumah berteknologi tinggi, namun kami mengerjakannya agar seperti dirumah sendiri, ” terang Haug.

Baca juga:  5 Hal Yang Dilakukan Cowok ketika di Depan Komputer

Editor : Rizal

You must be logged in to post a comment Login