stat counter Aceh Utara butuh RSJ | Aceh Online Magazine

Aceh Utara Butuh RSJ

rsj-ilustrasi

Atjehcyber.com – Koordinator Forum Komunikasi Pemberdayaan Pemuda Aceh ( FKPP-A ) Rusli Muhammad, meminta pemerintah Kabupaten Aceh Utara untuk segera menertibkan orang gila yang kerap berkeliaran setiap saat di pusat kota. Rabu (21/1),

Pihaknya mengkhawatirkan akan keberadaan mereka (orgil-red) yang kian menjamur dan menganggu pemandangan dan ketertiban umum, karena berkeliaran hampir tiap hari di setiap sudut kota.

Dikatakannya, meskipun ulah mereka (orgil-red) tidak terlihat secara langsung, namun kerap terlihat ditempat-tempat sampah dan kemudian masuk ke pertokoan dengan aroma tak sedap untuk minta makanan dan rokok.

Ada juga yang duduk melamun di depan pertokoan. Warga maupun pedagang tak berani mengusir mereka. Hal inilah yang membuat warga resah.

“Pemerintah seharusnya menangani persoalan ini. Keberadaan para orgil tersebut jelas-jelas sangat menganggu. Bahkan tak jarang dari para orgil nyaris mengamuk jika tidak diberikan rokok ataupun makanan,”kata Koordinator FKPP-Aceh.

Semetara itu Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Dr. Effendi, kepada AJNN Rabu (21/1) menjelaskan untuk wilayah Aceh Utara tidak ada tempat untuk penampungan pengidap penyakit jiwa.

Pihaknya hanya melakukan penanganan dengan cara dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banda Aceh. Itupun harus melalui persetujuan dari keluarga pasien penyakit jiwa.

Aceh Utara tidak ada tempat penampungan penyakit jiwa. Kita hanya melakukan penanganan dengan cara rujuk pasien ke RSJ Banda Aceh atas persetujuan dari keluarga pasien,” jelas dr. Effendi.

Agar orgil tidak berkeliaran di pusat kota, maka diminta kepada pihak keluarganya masing-masing untuk dirujuk ke Banda Aceh agar ditampung.

You must be logged in to post a comment Login