Home Nanggroe Amnesti, Apa Karya : Akan Lahir 100 Din Minimi Lagi

Amnesti, Apa Karya : Akan Lahir 100 Din Minimi Lagi

702
1
SHARE

Anggota Tuha Peuet DPA Partai Aceh, Zakaria Saman Bakal Calon Gubernur Aceh 2017. Foto: ist.
Anggota Tuha Peuet DPA Partai Aceh, Zakaria Saman Bakal Calon Gubernur Aceh 2017. Foto: ist.

AtjehCyber.com – Anggota tuha peut Partai Aceh, Zakaria Saman menilai amnesti yang akan diberikan Pemerintah Indonesia terhadap kelompok bersenjata Nurdin alias Din Minimi harus dipelajari secara mendalam. Pasalnya, persoalan Din Minimi bukan merupakan masalah politik, tapi masuk ke masalah ekonomi problem.

Secara hukum, kata Zakaria Saman, Din Minimi sudah melakukan pelanggaran hukum. Padahal Din dan anggotanya harus diproses sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Apabila itu tak dilakukan, maka akan lahir lebih banyak lagi orang-orang seperti Din Minimi di Aceh.

“Kalau jadi amnesti untuk Din Minimi. Berarti negara ini seperti tak memiliki undang-undang lagi. Siapapun yang bersalah akan diberikan amnesti,” kata Zakaria Saman atau yang sering disapa Apa Karya kepada AJNN, Senin (4/1).

Apa Karya menjelaskan tak ada alasan kuat untuk memberikan amnesti terhadap kelompok Din Minimi. Dirinya juga membandingkan amnesti yang diberikan kepada kelompok Din Minimi dan Gerakan Aceh Merdeka. Menurutnya GAM pada masa lalu melawan Pemerintah Indonesia, kemudian yang mendamaikan adalah internasional.

“Din Minimi yang dilawan Pemerintah Aceh. Kenapa harus amnesti,” ujar Apa

Apabila hal itu terjadi, kata Apa, tak tertutup kemungkinan persoalan amnesti ini akan membuka peluang besar untuk masyarakat dalam menciptakan konflik baru. Sehingga MoU Helsinki yang sudah ditandatangani seperti tak ada manfaat apapun bagi Aceh.

“Misalnya pemerintah memberikan uang kepada Din Minimi. Apakah mantan kombatan lain akan diam, tidak mungkin. Pasti mereka juga akan berontak juga. Ini sangat mudah, tinggal beli senjata sama penjual sabu. Kemudian tembak orang dan duduk di dalam hutan selama dua minggu, sehingga sudah menjadi Din Minimi baru,” jelasnya

Terkait permasalahan itu, Zakarian Saman yang diisukan akan naik sebagai calon Gubernur Aceh tetap menerima keputusan apapun yang akan diambil oleh Pemerintah Pusat terkait masalah Din Minimi.

“Semua kembali ke pusat. Apapun yang akan diambil itu merupakan keputusan yang terbaik,” imbuhnya

Selain itu, Apa Karya juga juga mengapresiasi sikap Din Minimi yang sudah mau untuk turun gunung. Apa juga mengaku selama Din Minimi dihutan pernah beberapa kali melakukan komunikasi dengan dirinya.

“Saya pernah ajak Din Minimi turun. Bahkan saya juga ada kirim uang untuk Din Minimi,” jelasnya.

Namun, ketika ditanyai apakah Din Minimi merupakan mantan Eks Gerakan Aceh Merdeka. Apa Karya mengaku tak begitu kenal dengan Din Minimi selama masa konflik.

“Itu coba tanya saja ke masyarakat Perlak. Saya tak mengenal Din Minimi selama konflik. Tapi kalau informasi ayah Din Minimi hilang saat konflik saya tau,” tutupnya.

Sumber : AJNN.net