stat counter Awas, Sindikat Curanmor Nyamar Tukang Parkir | Aceh Online Magazine

Awas, Sindikat Curanmor Nyamar Tukang Parkir

Ilustrasi

Ilustrasi

ATJEHCYBER.com – Sebuah peringatan dini dari aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Jajaran Polres Aceh Barat berhasil mengungkap sindikat curanmor, yang melakukan aksinya dengan lebih dahulu menyamar jadi tukang parkir. Ketika kendaraan ditinggalkan, sang jukir lanmgsung menggondolnya.

Pengungkapan itu dilakukan personil Polsek Kuala bersama Polsek Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya. Aksi tersebut terbongkar setelah polisi menciduk seorang DPO kriminal yang pulang ke rumah istrinya.

Tersangka curanmor yang telah diamankan di sel Mapolsek Kuala, Nagan Raya hingga Kamis (30/6) itu, bernama Efendi (48) warga Gampong Krueng Alem, Kecamatan Darul Makmur.

Tak hanya itu, polisi juga berhasil menangkap seorang pelaku lainnya bernama Khalif (40) yang tercatat sebagai warga Krueng Luah, Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan. “Penangkapan yang kita lakukan ini setelah dilakukan berbagai pengembangan terkait aksi curanmor yang selama ini terjadi di Nagan Raya,” kata Kapolres Nagan Raya AKBP Mirwazi MH melalui Kapolsek Kuala Iptu Tri Andi Dharma, Jumat (1/7) di Suka Makmue.

Ia menjelaskan, penangkapan terhadap seorang pelaku yang telah dimasukkan dalam DPO (daftar pencarian orang) bernama Efendi itu, dilakukan polisi pada Selasa (21/6) lalu sekitar pukul 13.00 WIB yang bekerjasama dengan Kanit Reskrim Polsek Darul Makmur.

Andi menjelaskan, Efendi berhasil ditangkap polisi setelah aparat penegak hukum mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa seorang DPO curanmor telah pulang ke rumah istrinya di kawasan Gampong Krueng Alem, Kecamatan Darul Makmur.

Berbekal informasi ini, polisi langsung melakukan koordinasi dengan petugas di Darul Makmur serta melakukan penginatain. bahkan polisi dengan mudah menangkap pelaku di rumah sang isteri serta berhasil mengamankan satu unit sepeda motor jenis Honda Supra X 125 warna hitam.

Dalam keterangannya di depan penyidik, tersangka Efendi mengaku selama ini kerap melakukan berbagai aksi kejahatan pencurian sepeda motor di kawasan pasar tradisional Simpang Peuet, Kecamatan Kuala. “Modusnya tersangka Efendi berpura-pura berprofesi sebagai tukang parkir, bahkan ia mengimbau calon korbannya utk tidak memarkirkan sepeda motor secara sembarangan. Namun kenyataannya saat korban lengah, langsung membawa kabur sepeda motor milik warga,” kata Andi.

Polisi yang melakukan pengembangan dalam kasus ini pada Minggu (26/6) lalu sekitar pukul 20.30 WIB malam kembali berhasil menangkap seorang pelaku lainya bernama  Khalif (40), yang tercatat sebagai warga Gampong Krueng Luah, Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan.

Keberhasilan polisi ini juga turut dibantu Kanit Reskrim Polsek Bakongan Timur, Aceh Selatan. Bahkan satu unit sepeda motor yang diduga hasil kejahatan, berhasil diamankan polisi.  “Kami masih mengembangkan kasus ini, guna mengungkap berbagai fakta lainnya,” kata Kapolsek Kuala Iptu Tri Andi Dharma.(edi/Prohaba.co)