stat counter Belanja Pegawainya di Atas 50%, Aceh Dilarang Rekrut PNS Baru | Aceh Online Magazine

Belanja Pegawainya di Atas 50%, Aceh Dilarang Rekrut PNS Baru

GAJI 13 PNS

ATJEHCYBER.com – Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) Profesosr Dr. Yudy Crisnandi, ME mengatakan bahwa daerah yang belanja pegawainya sudah diatas 50 persen dari total APBK yang dimilikinya dilarang untuk merekrut atau menambah PNS baru.

Hal tersebut disampaikan Menteri Yudy kepada sejumlah wartawan usai membuka acara Forum Koordinasi Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah 2016 di Aula Serbagunana Kantor Gubernur Aceh pada Senin 21 MAret 2016.

Yudy menyebutkan bahwa di Aceh ada sepuluh Kabupaten/Kota yang dilarang atau merekrut PNS baru karena belanja pegawainya sudah diatas 50 persen dari total APBK-nya.

“Ada 10 Kabupaten/Kota di Aceh yang dilarang merekrut PNS baru, karena 50 persen lebih APBK yang dimiliki telah habis dipakai untuk pegawainya,” ujar Yudy.

Namun Yudy saat itu tidak menyebut secara rinci ke sepuluh Kabupaten/Kota yang dimaksud yang dilarang untuk merekrut PNS baru.

Adapun sumber yang KLIKKABAR.COM dapatkan dari Dinas Keuangan Aceh, saat dimintai keterangan secara terpisah menyebutkan bahwa memang ada sepuluh Kabupaten/Kota yang belanja tidak langsungnya sudah terpaikai melebihi 50 persen.

Kesepuluh Kabupaten/Kota tersebut yaitu Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen, Pidie, Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Selatan, dan Aceh Tengah.

Pada kesempatan itu, Menteri Yudy juga menegaskan bahwa tahun ini moratorium penerimaan PNS baru masih tetap dilakukan. Kebijakan ini diambil, kata Yudy, untuk menekan penggunaan belanja negara yang terus membengkak dan saat ini, lanjutnya, sudah mencapai 42 persen dari keseluruhan belanja pembangunan nasional.

Yudy juga mengatakan bahwa alasan lain tidak dibukanya penerimaan PNS baru karena PNS yang berstatus K2 masih sangat banyak.

“Bagaimana kita mau membuka penerimaan PNS baru, yang PNS berstatus K2 saja masih sangat banyak yang belum diangkat menjadi PNS,” sebut Yudy.(Klikkabar.com)

You must be logged in to post a comment Login