stat counter Dua Penderita AIDS di Pijay Meninggal Dunia | Aceh Online Magazine

Dua Penderita AIDS di Pijay Meninggal Dunia

stop-hiv-aids

Atjehcyber.com – Tiga penderita Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Pidie Jaya selama lima tahun terakhir masuk dalam penggawasan Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten setempat. Semnetara dua penderita penyakit yang sama sebelumnya, pada tahun 2010 dan 2012 telah meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie Jaya, Said Abdullah didampingi Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Ikbal SKM MKes kepada Serambinews.com, Minggu (13/9/2015) mengatakan, dari lima penderita AIDS selama lima tahun terakhir di Pidie Jaya, dua diantaranya meninggal secara terpisah pada tahun 2010 dan 2012 lalu.

“Dari hasil temuan pada 2009 lalu sepasangg suami istri yang menderita AIDS sehingga salah satunya, sang suami meninggal dunia pada 2010 lalu,”jelas Iqbal SKM MKes.

Berikutnya, tim PMK Dinkes pada tahun 2012 juga menemukan pasangan serupa. Namun, dalam perjalanan perawatan baik di Rumah Sakit Umum (RSU) Sigli maupun RSU Zainoel Abidin Banda Aceh, sang suami meninggal dunia. Hal ini dikarenakan berbagai konflikasi dari virus serangan Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Sementara, sisanya tiga penderita AIDS lainnya masih dalam penggawasan pihak dinas. “Mereka ini tetap dipantau serta diawasi secara kontinyu dimana, dalam 15 hari diberikan obat,”katanya.

Disebutkan juga, ketiga pendierita AIDS secara bertahap telah menunjukan pemulihan yaitu berada pada fase kedu dengan tak menunjukan gejala. (*)

You must be logged in to post a comment Login