stat counter Hati-hati ! Penipuan Berkedok Seminar Sasar Mahasiswa di Banda Aceh | Aceh Online Magazine

Hati-hati ! Penipuan Berkedok Seminar Sasar Mahasiswa di Banda Aceh

awas-penipuan

Atjehcyber.com – Penipuan dengan modus mengajak mahasiswa untuk mengikuti seminar budaya ke Candi Borobudur sejak dua hari lalu mulai menyasar korban di kampus Darussalam, Banda Aceh.

Penipu yang menelepon mahasiswa mengaku dari Dikti pusat dan staf salah satu wakil rektor universitas. Penelepon mengajak mahasiswa ikut studi banding dan seminar budaya ke Candi Borobudur dan meminta segera mentransper uang sebesar Rp 1 juta ke rekening yang sudah disebutkan saat menelepon calon korban.

Di UIN Ar-Raniry, penelepon yang menghubungi mahasiswa mengaku wakil rektor, Dr Syamsul Rijal. Abdul Hadi, salah seorang mahasiswa UIN Ar-Raniry yang dihubungi Serambinews.com, Selasa (3/3/2015) sore mengatakan dirinya ditelepon untuk ikut seminar di Borobudur dan diharuskan segera mentransper uang untuk akomodasi selama perjalanan ke Borobudur.

“Hingga kemarin telah ada empat mahasiswa yang ditelepon seperti saya untuk seminar di Borobudur tanggal 7 hingga 8 Maret,” ujarnya.

Abdul Hadi yang tidak berminat mengikuti seminar budaya itu, menyebutkan si penelopon atas nama wakil rektor UIN itu mendesak agar ikut.

“Ya saya kan gak minat ikut, tapi ia mendesak. Lalu saya ke biro rektor tanya soal ini dan tidak ada seminar apa pun di Borobudur yang dikoordinir kampus. Untung belum transper uangnya,” katanya.

Penelepon dengan nomor 081284670077 ini sejak dua hari lalu menyasar kalangan mahasiswa di Darussalam, termasuk beberapa mahasiswa Unsyiah. Di UIN sudah ada empat mahasiswa yang mengaku ditelepon nomor tersebut dengan modus ikut seminar di Borobudur.

Wakil Rektor UIN Ar-Raniry, Dr Syamsul Rijal yang dihubungiSerambinews.com mengatakan, setiap pengiriman mahasiswa dalam seminar di dalam dan luar kota diatur dan atas sepengetahuan pihak kampus. Menurutnya, semua biaya akomodasi biasa ditanggung kampus dan selalu dikordinasikan resmi alias tidak melalui telepon.

Ia mengingatkan mahasiswa di kampus Ar-Raniry untuk tidak cepat tergiur dengan ajakan studi bandung itu.

“Semua kegiatan atas nama kampus itu selalu dikomunikasikan langsung dan tidak membebani mahasiswa. Jadi mohon diperhatikan oleh mahasiswa agar tidak terkena penipuan dengan modus seperti itu,” katanya.

You must be logged in to post a comment Login