stat counter Illiza: "Warga Banda Aceh Bangga dengan Islam, Namun Tidak Paham Ilmu Agama" | Aceh Online Magazine

Illiza: “Warga Banda Aceh Bangga dengan Islam, Namun Tidak Paham Ilmu Agama”

bunda-illiza

ATJEHCYBER.com – Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan, masyarakat Banda Aceh pada dasarnya bangga dengan Islam, kendatipun tidak sedikit yang belum paham ilmu Islam secara kaffah atau menyeluruh.

“Warga Kota Banda Aceh sebenarnya bangga dengan Islam, namun ilmu agama tidak paham. Ini sangat disayangkan,” tutur Illiza dalam diskusi yang diadakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry, Rabu (30/03/2016) di Biro Rektor kampus tersebut.

Wali Kota Banda Aceh ini kemudian menyebutkan bukti kasus terkait syariat Islam yang terjadi dalam kota yang dipimpinnya. Menurutnya, masih marak kemaksiatan dilakukan masyarakat, padahal banyak dari mereka menganut agama Islam.

Ia mengatakan, penggerebekan perbuatan melanggar syariat yang selama ini dilakukan kerap ada yang menghalangi. Dalam diskusi tersebut, turut hadir beberapa tokoh politik, Munawar Liza Mantan walikota Sabang, Anggota DPD RI Aceh Rafli, Anggota DPRK Kota Banda Aceh Farid Nyak Umar dan juga Ketua MPU Kota Banda Aceh Karim Syeikh.

“Saya harap dengan diskusi ini, dapat menguatkan aqidah umat di Kota Banda Aceh dan juga mengharapkan kepada dosen untuk mensyiarkan Islam,” ujar Illiza.

Dalam diskusi yang mengangkat tema Kota Madani Banda Aceh: Apa dan Untuk Siapa? itu, ketua MPU Kota Banda Aceh Karim Syeikh turut berbicara. Ia mengatakan, kota madani merupakan kota yang diterapkan Rasulullah selama membangun kota Madinah dikala itu.

Lanjutnya, kriteria masyarakat madani ialah paham dengan aturan Islam, dan juga melakukan toleransi terhadap agama lain yang ada di Kota Banda Aceh.

“Masyarakat non muslim yang menetap di Banda Aceh sangat nyaman dengan sistem pemerintahan yang bagus,” ujar Ketua MPU Kota Banda Aceh.[acl]