stat counter Jawaban Kodam Iskandar Muda Soal Kepemilikan Blang Padang | Aceh Online Magazine

Jawaban Kodam Iskandar Muda Soal Kepemilikan Blang Padang

Gerbang lapangan Blang Padang. (c) Acehterkini.com

Gerbang lapangan Blang Padang. (c) Acehterkini.com

Atjehcyber.com – Gubernur Aceh Zaini Abdullah pada 8 Januari lalu telah menyurati Menteri Agraria agar memerintahkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) menerbitkan surat kepemilikan lapangan Blang Padang atas nama Pemerintah Aceh.

Kasus ini sebenarnya sudah berlangsung sejak masa Irwandi Yusuf sebagai Gubernur Aceh. Namun, entah bagaimana pertimbangannya, belakangan suara-suara protes meredup.

Polemik itu memudar setelah Pangdam Iskandar Muda saat itu Mayjen TNI Hambali Hanafiah menjelaskan kepemilikan tanah Blang Padang oleh TNI punya landasan hukum kuat.

Dikutip dari arsip Serambi Indonesia, Mayjen Hambali mengatakan klaim TNI atas lapangan Blang Padang lantaran punya dasar hukum kuat. Disebutkan, tanah itu merupakan aset kekayaan negara yang dikuasakan kepada Departemen Pertahanan. Namun, karena Dephan tak punya perwakilan di daerah, maka perpanjangan tangannya adalah Kodam Iskandar Muda.

Menurut Hambali, pengusaan tanah Blangpadang kepada Kodam Iskandar Muda berdasarkan keputusan Presiden tahun 1960-an. Dan itu juga tercatat di Bagian Inventarisasi Kekayaan Negara dan Departemen Keuangan.”

Rinciannya, tanah Blangpadang tercatat di Bagian Inventarisasi Kekayaan Negara dengan nomor 3101027.

“Jadi, pada prinsipnya, kita tidak akan mengklaim tanah tersebut kalau kita tidak memiliki dasar hukum,” kata Hambali.

Saat itu, Departemen Pertahanan juga sudah mengirimkan utusan ke Aceh untuk memediasi persoalan tanah Blangpadang. Bahkan, kata Hambali, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banda Aceh mengakui kepemilikan tanah itu oleh negara yang dikuasakan kepada Kodam Iskandar Muda.

“Tanah Blangpadang itu kan milik negara. Ngapain diperebutkan? Kalau Menteri Keuangan menariknya dari kita, ya kita kasihkan saja. Tidak akan ditahan-tahan,” kata Hambali saat itu.[]

You must be logged in to post a comment Login