Home Nanggroe Kapal Pesiar Daratkan Ratusan Wisatawan di Sabang

Kapal Pesiar Daratkan Ratusan Wisatawan di Sabang

630
1
SHARE

air-andaman-indi

Atjehcyber.com – Kapal pesiar mewah, MS Silver Wind, berbendera Bahama/Nassau untuk pertama kalinya sandar di Pelabuhan CT1 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Kota Sabang pada Selasa (27/1) sekitar pukul 13.00 WIB. Kapal itu mengangkut 300 lebih wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara, termasuk 250 awak kapal.

Setelah para wisman tersebut turun menikmati objek-objek wisata di Pulau Weh, Sabang, malamnya mereka kembali ke kapal. Persis pukul 23.00 WIB tadi malam, Silver Wind bertolak dari Teluk Sabang menuju Port Blair, Andaman, India.

Menurut Kepala Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdullah, kepada Serambi tadi malam, kapal mewah berbobot 17.235 grosston (GT) itu sandar di Pelabuhan BPKS sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Setelah berlabuh sepuluh jam di Sabang, kapal itu pun berangkat ke Port Blair.

Menurut Zulkarnaini, Manajemen Pelabuhan BPKS memberikan pengamanan terhadap kapal yang bersandar di pelabuhan itu. Pengamanan dilakukan bahu-membahu antara Port Security BPKS, syahbandar, otoritas pelabuhan, dan Polresta Kota Sabang. Pengawalan juga diberikan ketika para turis asing tersebut berwisata keliling Kota Sabang.

Kepala Humas BPKS, Hidayat Syarief SH menambahkan, dalam bulan ini Silver Wind merupakan kapal pesiar mewah kedua yang sandar di Pelabuhan BPKS. Pekan lalu, kapal pesiar MS Amadea juga sandar di pelabuhan itu dengan mengangkut 700 wisatawan mancanegara. Menurutnya, semakin banyak kapal pesiar yang terjadwal singgah di Sabang, maka semakin berkembang dan terkenal pariwisata Sabang, sektor yang sama-sama didukung oleh Pemko Sabang maupun manajemen BPKS.