Home Nanggroe Mahasiswa Politeknik Aceh Berhasil Membuat Robot Mata-Mata

Mahasiswa Politeknik Aceh Berhasil Membuat Robot Mata-Mata

806
0
SHARE

Jpeg

AtjehCyber.com – Mahasiswa Teknik Informatika yang tergabung dalam Jobs Team Project Politeknik Aceh, sebuah kelompok belajar yang berkosentrasi pada pembelajaran teknologi informasi telah berhasil membuat sebuah prototype robot mata-mata yang dikendalikan dari jarak jauh melalui smartphone android.

Alat ini difungsikan sebagai robot yang dapat mengintai pergerakan darat melalui kamera yang terdapat di body robot. Sebagai prototype robot ini dibangun menggunakan mobil remote control sebagai chasis dari robot, sedangkan untuk komunikasi antara robot dengan pengguna menggunakan komputer mini bermerek dagang Raspberry Pi, Komputer low cost yang dapat dibawa ke mana-mana dan tidak  perlu menggunakan daya yang besar untuk menjalankannya.

Sebagai robot mata-mata,  alat ini juga dilengkapi dengan wifi access point sehingga mampu memberikan koneksi internet bagi para pengguna yang ada di sekitarnya. Sebagai pengontrolnya, robot ini dikendalikan melalui smartphone android, pada tampilan interface aplikasi ini juga terdapat layar monitor dari robot tersebut, sehingga pengguna dapat melihat pergerakan robot melalui aplikasi android yang telah dirancang sebagai antarmuka pengontrolan.

Raspberry Pi adalah salah satu technology embedded system yang saat ini marak digunakan oleh pelaku computer scientist, alat ini dapat membuat berbagai macam project.

Dengan harga yang terjangkau alat ini dapat dimiliki oleh siapa saja yang ingin mencobanya. Jobs Team Project salah satunya penggiat Raspberry Pi di daerah Banda Aceh yang saat ini sering memberi pelatihan-pelatihan mengenai Raspberry Pi itu sendiri, di instansi pendidikan dan komunitas masyarakat, ditambah lagi dengan aktivitas perkuliahan yang terus “memaksa” mereka untuk merancang dan mebuat alat dan aplikasi berbasis mini computer ini.

robot-mata-mata-politeknik-aceh-1

Jobs Team Project mulai unjuk gigi ketika relawan TIK Banda Aceh melakukan pengukuhan anggota di balai kota Banda Aceh (23/1/2016) lalu, yang dihadiri oleh berbagai instansi daerah dan kemkominfo Republik Indonesia.

Politeknik Aceh mendapat kesempatan menampilkan karya-karya yang telah dibuat yang berguna untuk masyarakat, alat yang ditampilkan antara lain : Telepon Murah Rakyat, Radio Bencana, Raspberry Pi Cluster, Drone, Astro Pi, Robot Mata-Mata, dan beberapa Animasi Earth Hour. Ini membuat semangat dari mahasiswa Politeknik Aceh untuk semakin giat dan giat belajar untuk mendampingi masyarakat dengan teknologi.

Pada akhirnya, jobs team project kelas belajar dari politeknik aceh ini akan semakin semangat untuk membangun daerah dalam perkembangan teknologi, sehingga dapat menciptakan produk-produk teknologi yang bergunabagi masyarakat di sekitarnya. segala materi yang mereka telah pelajari mereka dokumentasikan di situs mereka jobsteamproject.org. (politeknikaceh.ac.id)

  • Editor: KajiRo