stat counter Pasokan Air Bersih Kurang, Penghuni Lapas Banda Aceh Mengamuk | Aceh Online Magazine

Pasokan Air Bersih Kurang, Penghuni Lapas Banda Aceh Mengamuk

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

Atjehcyber.com – Kerusuhan di Lapas Kelas II Lambaro, Aceh Besar, Jumat (6/11/2015), langsung direspon jajaran Polresta Banda Aceh.

Wakapolresta Banda Aceh AKPB Sugeng langsung datang ke lokasi dan saat berita ini diunggah sedang memimpin negosiasi dengan para narapidana dan tahanan.

Berdasarkan laporan kontributor Kompas.com di Banda Aceh, sejauh ini belum diketahui penyebab pasti kerusuhan itu.

Menurut laporan yang dikumpulkan di lapangan, diduga kerusuhan dipicu minimnya pasokan air bersih untuk para tahanan dan narapidana.

Namun, sejauh ini juga belum diperoleh informasi penyebab menipisnya pasokan air bersih untuk penghuni lapas tersebut.

Lapas Kelas II Lambaro ini menampung sedikitnya 500 orang tahanan dan narapidana. Lapas ini meski berada di wilayah Kabupaten Aceh Besar, sebenarnya adalah Lapas Banda Aceh.

rusuh lapas

Lapas yang berada di perbatasan Banda Aceh dan Aceh Besar ini dibangun untuk menggantikan lapas sebelumnya yang hancur akibat bencana tsunami 11 tahun lalu.

Sebelumnya diberitakan, ratusan penghuni Lapas kelas II Lambaro mengamuk, diduga akibat menipisnya pasokan air bersih.

Meski pengelola lapas sudah mengirim tiga truk tangki berisi air bersih, hingga berita ini diunggah kerusuhan belum berakhir.[]

*Lapas Banda Aceh Rusuh, Sipir Dihujani Batu

Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Banda Aceh di Desa Bineuh Blang, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar dilaporkan sedang mengalami kerusuhan.

Berdasarkan informasi diterima Serambinews.com dari beberapa petugas Lapas, napi mengamuk hingga rusuh, karena tiada air di dalam Lapas.

Saat ini kondisi di LP memanas, petugas mundur ke belakang, karena hujan batu masih beterbangan dari dalam lapas ke halaman depan yang dilemparkan oleh napi.

Suara gaduh masih terdengar dari dalam lapas. (*)

*Petugas Lepaskan Tembakan untuk Tenangkan Napi

Petugas melepaskan tembakan peringatan untuk menenangkan napi yang mengamuk di dalam Lapas II. Saat ini suasana belum bisa dikendali. Bunyi lemparan batu yang mengenai genteng lapas menimbulkan suara gemuruh.

Polisi sudah tiba ke lokasi untuk berupaya mengamankan lokasi. Petugas terpaksa keluar dari dalam lapas, untuk menghindari amukan napi.

Menurut informasi, hanya Kepala LP yang masih bertahan di dalam Lapas untuk menenangkan napi. (*)

Sumber:

  • Harian Serambi Indonesia
  • Portalsatu.com
  • Kompas.com

You must be logged in to post a comment Login