stat counter Tak Kunjung Punya Wakil Walikota, Pengamat Kritik Illiza | Aceh Online Magazine

Tak Kunjung Punya Wakil Walikota, Pengamat Kritik Illiza

Hj.-Illiza-Sa’aduddin-Djamal-SE

Atjehcyber.com – Kepemimpinan eksekutif Kota Banda Aceh dinilai pincang. Kekosongan Wakil Wali Kota selama satu tahun ke belakang membuat timbulnya gejolak politik yang tidak bagus. Demikian pendapat Aryos Nivada, Pengamat Politik dan Keamanan Aceh, Jaringan Survey Inisiatif melalui pers rilisnya yang diteria AJNN, Kamis (19/2/2015).

Menurut Aryos, berlarut-larutnya pelantikan Wakil Walikota menimbulkan tanda tanya besar. Hal ini punya hubungan dengan lemahnya leadership, komunikasi, dan nilai tawar Illiza dihadapan punggawa politik kota itu. Dalam pandangan Aryos, seharusnya Illiza bisa mempergunakan pengaruhnya untuk memilih dua kandidat dari tiga orang yang diusulkan oleh PAN, PPP dan SIRA.

“PPP bagaikan “kunci’ untuk memilih dua orang calon Wakil Walikota Banda Aceh jika mekanisme voting dilakukan empat partai pengusung”, ujarnya.

Juga adanya dugaan bila orang nomor satu di Banda Aceh itu terlalu menghidangkan persyaratan yang pelik, sehingga sulit dipenuhi oleh orang lain. “Kecurigaan ini timbul karena sampai sekarang belum terpilih Wakil Wali Kota Banda Aceh. Tentu ada apa-apanya. Padahal kondisi ini membuat pincang,” Ungkap Aryos.

Dia juga menduga bahwa Illiza sengaja mengulur-ulur waktu, hingga masa jabatan tidak lagi mencapai 18 bulan. Logikanya adalah Karena Illiza sudah merasa nyaman menjadi pembesar tunggal. Hal ini tentu masuk akal, karena tidak punya “saingan” yang layak untuk mengatur pemerintahan.

You must be logged in to post a comment Login