stat counter Meningkatkan Daya Beli di Saat Krisis dengan Strategi Bisnis Online | Aceh Online Magazine

Meningkatkan Daya Beli di Saat Krisis dengan Strategi Bisnis Online

mobile apps concept

Untuk meraih kesuksesan bak orang terkaya di dunia memang tak selamanya mudah. Mereka pun menempuh jalan yang berliku terlebih dahulu sebelum benar-benar meraih kesuksesan yang kini mereka nikmati. Jatuh-bangun dalam membangun sebuah bisnis merupakan hal yang biasa. Saat mencicipi kegagalan, mereka menjadikannya pembelajaran dan terus percaya bahwa dibalik kesulitan selalu ada jalan menuju kemudahan.

Mungkin kalian seringkali mendengar, setelah badai muncul pelangi. Ya, hal itu juga berlaku di bidang bisnis. Di era kr isis seperti ini, apa kiranya yang bisa menumbuhkan kembali pertumbuhan bisnis agar mencapai puncak gairahnya? Mari kita ulas di artikel ini.

Berikan Produk yang Terjangkau

Di saat daya beli masyarakat yang menurun pada era kr isis seperti ini, kalian harus mencari cara kreatif untuk membangunkan daya beli mereka. Tidak perlu membanting harga jual produk yang bisa mengakibatkan aliran keuangan bisnis kalian mampet. Yang perlu kalian lakukan adalah mencari cara agar menyesuaikan produk dengan kondisi keuangan target pasar. Sebagai contoh, kalian dapat menawarkan lebih banyak lagi metode pembayaran, memperpanjang tenor cicilan, meminimalisir kemasan, dan memperkecil uang muka. Dengan cara-cara tersebut, calon konsumen akan melirik produk-produk yang kalian jual lantaran mudah dijangkau dan mengerti kondisi keuangan mereka.

Segmentasi Pelanggan

Cara yang kedua adalah dengan melakukan segmentasi pelanggan yang disesuaikan dengan daya belinya, lokasi tempat tinggal, perilaku konsumsi dan selera mereka. Dengan melakukan hal ini, kalian akan mampu menargetkan sasaran yang lebih akurat dan spesifik. Sebagai contoh, kalian bisa memberikan diskon dan penawaran spesial untuk mereka yang berprofesi sebagai pelajar atau mahasiswa, buruh, nelayan atau pekerja informal lainnya yang paling terkena dampak kr isis keuangan global. Baca juga: 5 Usaha Rumaha Kreatif Minim Modal Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

Memberikan diskon memang bisa membuat margin yang didapatkan lebih rendah dari harga normal. Namun, jika promosi penawaran ini berhasil menarik minat dan menumbuhkan daya beli mereka, maka aliran keuangan bisnis kalian pun tetap lancar. Lebih baik mendapatkan untung sedikit dengan banyak pembeli, ketimbang untung banyak minim pembeli.

Blue Ocean Strategy

Cara berikutnya adalah dengan melakukan jangkauan penjualan di pasar yang belum pernah dijangkau sebelumnya dan umumnya masih sepi dari kompetitor. Cara ini dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis yang mengalami stuck pada aliran bisnisnya. Bisa jadi sepi pelanggan atau terhambat dengan banyak aturan yang memberatkan bisnis. Jika selama ini kalian menjualnya secara offline, cobalah strategi penjualan metode bisnis online untuk meningkatkan gairah penjualan. Sebab, bisnis online merupakan salah satu lahan yang tak akan sepi pembeli jika kita paham cara menarik minat beli mereka.

Memperbanyak Ketersediaan

Cara yang keempat ini adalah dengan memperbanyak ketersediaan produk dan jasa yang dijual di setiap peluang pasar offline maupun online. Pada saat kr isis biasanya pelanggan enggan mencari produk yang mereka butuhkan di lokasi yang jauh. Sehingga mereka akan mencarinya di lingkungan terdekat. Dengan memasarkannya secara offline di setiap peluang pasar offline, kalian akan selangkah lebih dekat dengan pelanggan.

Begitu juga pada metode online, kalian dapat menekan harga jual sebab tak membutuhkan dana untuk menyewa tempat seperti strategi bisnis offline, sehingga pelanggan mau membelinya meski jauh sekalipun. Dalam strategi memperbanyak ketersediaan barang, Anda tak perlu repot-repot membuka toko ekspansi di segala kota. Kalian dapat melakukannya dengan pola kemitraan atau sering juga disebut titip barang (konsinyasi). Sehingga kalian masih bisa mendapatkan margin yang cukup untuk perputaran bisnis yang sehat.