stat counter Direntas Hacker, Sony Pictures Tunda Film Terbaru James Bond | Aceh Online Magazine

Direntas Hackers, Sony Pictures Tunda Film Terbaru James Bond

KUnMaxHQdI

Atjehcyber.com – Perusahaan film Sony Pictures tak bisa melanjutkan operasi pembuatan film karena jaringan komputernya telah dilumpuhkan oleh sekelompok hackers.

Seorang sumber mengatakan pada The Times, Sony telah membatalkan proses pembuatan film karena mereka tak bisa membayar gaji karyawan dan biaya produksi. Pihak Sony sendiri tidak berkomentar atas masalah ini.

Kelompok hackers yang menamakan dirinya Guardian of Peace, memulai cyber attack-nya terhadap Sony akhir bulan lalu. Tak kurang dari empat film yang belum dirilis, ribuan naskah dan dokumen, serta email perusahaan telah bocor.

Email-email antara top produser dan eksekutif perusahaan film itu ternyata banyak berisi gosip bernada mencemooh atas beberapa bintang terkenal. Termasuk lelucon soal Presiden Barack Obama yang berbau rasis, yang bocor awal pekan ini.

Seperti email antara CEO Sony, Amy Pascal, dan produser, Scott Rudin. Mereka menyebut Angelina Jolie sebagai “anak manja,” dan beberapa komentar tak menyenangkan soal Tom Cruise, David Fincher, Aaron Sorkin dan Adam Sandler.

Naskah film James Bond terbaru garapan Sony Pictures, “Spectre”, juga ikut bocor di internet. Film yang rencananya akan mulai syuting minggu ini, harus ditunda proses pembuatannya karena terganjal biaya produksi. “Spectre” kemungkinan akan menjadi film paling mahal yang pernah dibuat, dengan proyeksi anggaran hingga USD300 juta.

FBI telah melakukan penyelidikan atas serangan hackers itu. Badan ini juga mengirimkan peringatan untuk seluruh perusahaan di sektor hiburan. Kelompok hackers tersebut di sinyalir menggunakan “wiper malware” dalam melakukan serangan.

Sebuah sumber yang dekat dengan FBI mengatakan kepada Fox News bahwa malware yang sangat merusak itu ditulis dalam bahasa Korea. Inilah yang memicu kecurigaan bahwa Pyongyang, Korea Utara, ada dibalik serangan cyber crime ini.

Sebelumnya, perwakilan Korea Utara di PBB telah memprotes keras pembuatan film “The Interview” yang menampilkan adegan parodi dan ‘rencana pembunuhan’ Presiden Korea Utara, Kim Jong Un.

Menurut seorang ahli, setidaknya Sony Pictures harus mengeluarkan GBP64 juta untuk membereskan kejahatan lewat dunia maya ini.

You must be logged in to post a comment Login