stat counter Jangan Sembarangan Mencabut Rambut di Area Bikini | Aceh Online Magazine

Jangan Sembarangan Mencabut Rambut di Area Bikini

1535516shutterstock-76631218780x390

Atjehcyber.comBikini waxing alias mencabut rambut di area kemaluan menjadi andalan banyak wanita yang ingin kulit di area bikini mulus. Namun jika dilakukan sembarangan, waspadai risiko infeksi.

Ada banyak cara untuk membersihkan rambut-rambut halus di tubuh, salah satunya menggunakan alat pencukur.

“Wanita yang mencukur rambut pubisnya tidak paham akan bahayanya karena mereka merasa mencukur rambut di area tubuh lainnya aman,” kata Andrea DeMaria, yang hasil penelitiannya dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics & Gynecology.

Sekitar 87 persen wanita mengaku menghilangkan sebagian rambut pubis mereka, dan 90 persen menggunakan pisau cukur.

“Kulit di area genital sangatlah rentan dibandingkan misalnya kulit di bagian kaki. Mencukur bisa menyebabkan mikrotrauma atau luka kecil yang tak selalu terlihat,” katanya.

Hal itu bisa menjelaskan mengapa 60 persen wanita mengatakan mengalami efek samping negatif ketika menghilangkan rambut di area bikini. Efek samping utama adalah luka lecet diikuti dengan rambut yang tumbuh tak beraturan.

Area kulit di bawah pinggang, menurut DeMaria banyak mengandung kelenjar keringat, itu berarti area itu lembab dan menjadi tempat yang disukai bakteri. Luka sedikit saja di bagian ini bisa menyebabkan infeksi, termasuk penyakit menular seksual.

Agar kegiatan menghilangkan rambut di selangkangan aman, antara lain selalu gunakan alat cukur yang baru dan sebelum dicukur lembabkan area tersebut dengan air hangat dan sabun. Jika Anda mencukur hingga tandas, selalu keringkan area genital dengan lembut./Kompas.com