stat counter Kanker Serviks Juga Menyerang Anak Usia Lima Tahun | Aceh Online Magazine

Kanker Serviks Juga Menyerang Anak Usia Lima Tahun

Kanker-serviks1

Atjehcyber.com – Kanker serviks atau yang bisa disebut kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita.

Hal itu seperti apa yang diutaran Dian Larasati (19), warga condongcatur, Sleman tersebut mengaku sudah mencari informasi yang berkaitan dengan kanker serviks dari sumber internet.

“Sebelumnya memang penasaran dan ingin cari tahu, akan tetapi semakin cari tahu malah semakin takut,” ungkapnya saat ditemui di stand pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) gratis yang diselenggarakan Yasayan Peduli Kanker Indonesia (YPKI) Yogyakarta di Jogja City Mall, Minggu (31/8/2014)

Koordinator YPKI cabang Yogyakarta, Indrayani, memaparkan bahwa kesadaran wanita untuk mengetahui dan memeriksakan kesahatannya terkait deteksi dini kanker serviks makin tinggi di Yogyakarta.

“Terjadi peningkatan pemeriksaan, tatapi datanya tidak ada yang pasti, dikarenakan pasien yang datang merupakan warga luar Yogyakarta yang sengaja datang untuk pemeriksaan, bahkan ada yang sampai mengubah KTP nya menjadi warga Yogyakarta” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa penderita kanker serviks yang dulunya berusia rata-rata 40 tahun ke atas kini mulai merambah ke kalangan anak muda.

“Bahkan kami pernah mendapati penderita yang masih berumur dibawah lima tahun” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut YPKI gelar pemeriksaan IVA gratis dalam rangka deteksi kanker serviks dini. Pemeriksaan dengan Asam Asetat sendiri menurutnya sangat efektif karena dapat mudah dan cepat diketahui apakah wanita tersebut mempunyai gejala kanker serviks.

Acara yang digelar sejak hari Sabtu (30/8/2014) hingga Minggu (31/8/2014) tersebut mentargetkan ada 100 pemeriksaan.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jogja