stat counter Pipi Merona Bukan Hanya karena Malu | Aceh Online Magazine

Pipi Merona Bukan Hanya karena Malu

Atjehcyber.com | Saat kita sedang tersipu biasanya pipinya akan langsung merona merah. Banyak orang mengartikan kondisi tersebut dengan perasaan malu. Namun sebenarnya pipi yang merona kemerahan tidak selalu berhubungan dengan perasaan malu. Berikut fakta seputar pipi merona yang sama sekali tidak berkaitan dengan malu.

1. Genetik
Whitney Bowe, profesor dermatologi dari Mount Sinai mengatakan, pipi merona berkaitan dengan faktor genetik. Orang-orang asal Skotlandia dan Eropa timur merupakan orang yang paling cenderung untuk menunjukkan pipi yang merona. Semakin terang warna kulit, kondisi tersebut juga semakin jelas terlihat.

2. Cemas
Pipi merona juga bisa terjadi saat cemas. Pasalnya saat sedang tegang dan cemas, tubuh mengeluarkan hormon adrenalin yang melebarkan pembuluh darah. Maka kulit pun akan terlihat memerah.

3. Kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk seperti merokok ataupun terlalu banyak terpapar sinar matahari tanpa pelindung akan memperburuk kondisi pipi merona. Kebiasaan-kebiasaan tersebut merusak kolagen, lapisan kulit yang menyembunyikan pembuluh darah. Bila lapisan ini menipis, maka pembuluh darah akan semakin terlihat jelas.

4. Olahraga
Ketika berkeringat, artinya panas tubuh meningkat. Selain reaksi keringat, tubuh juga melebarkan pembuluh darah sebagai upaya penurunan suhu tubuh. Maka olahraga juga akan berkontribusi membuat pipi merona.

5. Makanan dan minuman
Bowe mengatakan, makanan atau minuman hangat seperti sup, teh, atau kopi dapat berperan dalam membuat pipi memerah juga. Apalagi makanan dan minuman yang mengandung alkohol atau yang memiliki rasa pedas.

Nah, saat mengalami pipi merona, hal yang perlu dilakukan adalah dengan menurunkan suhu tubuh serta mengecilkan kembali pembuluh darah. Caranya bisa dengan menggunakan handuk basah dingin yang ditempelkan di pipi selama sekitar 20 detik.

Sumber :
www.womenshealthmag.com
Editor :
Lusia Kus Anna/kompas.com