Home Internasional Asim Umar Pimpin Al Qaeda Wilayah Asia Selatan

Asim Umar Pimpin Al Qaeda Wilayah Asia Selatan

343
13
SHARE

Kelompok Al Qaeda
Kelompok Al Qaeda

Atjehcyber.com – Setelah mengumumkan dibukannya cabang Al Qaeda untuk wilayah Asia Selatan di India, kali ini kelompok tersebut sudah menentukan pemimpinnya. Militan asal Pakistan, Asim Umar ditunjuk sebagai pemimpin Al Qaeda Asia Selatan.

Tidak banyak diketahui mengenai sosok Asim Umar. Namun yang jelas, dirinya akan memimpin pergerakan Al Qaeda dari Afghanistan hingga ke Myanmar.

Sosok yang disebut “emir” oleh pemimpin Al Qada Ayman Al Zawahiri tersebut, dipupuk radikalisme sejak masa sekolah. Namun ada sesuatu yang menarik dari sisi Umar.

Wawancara yang dilakukan dengan sumber intelijen dan militan menyebutkan bahwa Umar berusia sekira 40 tahunan. Dirinya dikenal memiliki reputasi sebagai penjaga ideologi dibandingkan sebagai sosok yang lahir dalam pertempuran.

Selama ini diketahui, militan di wilayah Asia tengah dan selatan dipenuhi oleh tokoh-tokoh intelektual. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai orator urung.

Menurut seorang sumber di Pakistan, Al Zawahiri menyadari bakat dari Umar ketika kematian dari mantan pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden.

“Setelah Osama bin Laden tewas, Al Zawahiri memulai reorganisasi Al Qaeda. Fokus utamanya dipindahkan ke Asia Selatan,” ujar sumber itu, seperti dikutip Reuters, Kamis (11/9/2014).

“Al Qaeda mulai merekrut dan melatih para prajuritnya di Afghanistan dan sekarang Maulana Asim Umar sudah ditunjuk sebagai pemimpinan (Al Qaeda) Asia Selatan. Dia memiliki koneksi kuat dengan militan di Pakistan, Irak dan Afghanistan,” lanjutnya.

Umar dianggap memiliki kedekatan dengan komando tertinggi Al Qaeda. Umar sendiri yang memfasilitasi kepindahan Bin Laden ke tempat persembunyiannya di Abbottabad, Pakistan sebelum akhirnya terdeteksi oleh Amerika Serikat (AS).(Serambi)