stat counter Korea Selatan Pasang Robot Penembak di Perbatasan | Aceh Online Magazine

Korea Selatan Pasang Robot Penembak di Perbatasan

Robot tempur SGR-1 dari Samsung.

Robot tempur SGR-1 dari Samsung.

Atjehcyber.comKorea Selatan (Korsel) telah memasang robot-robot, di sepanjang jalur perbatasan dengan Korea Utara (Korut). Robot tersebut mempunyai keahlian khusus, yaitu bisa menembak dengan peluru 40 milimeter dan meluncurkan granat.

Selain itu, kemampuannya menembak secara tepat sasaran, bisa menjangkau sejauh 3 kilometer. Robot yang diberi nama SGR-1 ini demi menjaga pertahanan Korsel, dari musuh yang masuk lewat perbatasan.

Sistem robot ini dibuat oleh pabrikan elektronik terkemuka Korsel, Samsung. Namun kelemahannya, robot ini membutuhkan operator, yaitu manusia, namun kelebihannya, bisa difungsikan untuk mengganti tenaga manusia yang kerap lengah atau takut saat berhadapan dengan musuh.

“Tentara biasanya mudah tertidur, atau meninggalkan tempat tugasnya, dan kehilangan konsentrasi. Dan robot ini bisa menggantikan kelemahan-kelemahan tersebut, dan bebas dari rasa malas,” ucap Huh Kwang-hak, juru bicara dari Samsung.

Awalnya. robot ini diuji coba pada tahun 2006. Namun baru bisa difungsikan saat ini, setelah mengalami beragam uji coba di lapangan. Robot ini juga dapat difungsikan dari jarak yang cukup jauh.

Setiap robot yang dipasang membutuhkan biaya sekitar Rp2,3 miliar. Selain itu, sebelum menembak, robot ini bisa memerintahkan musuh untuk menyerah terlebih dahulu, sebelum melakukan tembakan.

Teknologi ini tentunya juga meminimalkan korban dari manusia, yang kerap terjadi saat berhadapan dengan musuh di perbatasan.(tehnografi.blogspot.com)