Home Internasional Zionis Israel Hancurkan 3 Mesjid

Zionis Israel Hancurkan 3 Mesjid

310
11
SHARE

Atjehcyber.com | Pemerintah Zionis kembali melancarkan 70 serangan udara ke kawasan Jalur Gaza, Sabtu (9/8), di antaranya menghancurkan tiga masjid dan lima orang tewas, serta puluhan lainnya terluka. Pejuang Hamas membalas gempuran Israel dengan melepaskan 14 serangan roket ke Israel, tetapi tidak ada korban jiwa.

Pejabat kesehatan Gaza menyatakan lima orang yang tewas, dua di antaranya terkena rudal jet tempur saat sedang mengendarai sepeda motor di kamp pengungsi Al-Maghazi dan tiga lainnya ditarik dari bawah puing-puing Masjid Al-Qassam yang rata dengan tanah. Kementerian Dalam Negeri Palestina mengatakan jet Israel menghancurkan tiga masjid, dua di antaranya milik Hamas dan satu milik warga.

Dilaporkan, hanya menara yang tersisa berdiri di Masjid Al-Qassam di Nuseirat, kata seorang fotografer AFP.  Ibrahim Taweel mengyatakan militer Israel meneleponnya pukul 3 pagi untuk memperingatkan agar segera lari dari rumah, hanya lima menit sebelum masjid diserang. “Saya tidak bisa memberitahu semua tetangga, jadi saya lari bersama tetangga terdekat,” ujarnya.

“Sesudah peringatan, lima menit kemudian, jet tempur F-16 Israel menembakkan roket ke Masjid Al-Qassam, sehingga rata dengan tanah,” tambahnya. Ibrahim mengatakan dia bersama keluarganya belum jauh dari rumah saat roket Israel ditembakkan ke masjid.

Sedangkan pekerja medis berjuang melalui puing-puing Masjid Qassam di Gaza untuk mengambil tiga mayat. Masjid di Gaza terus mendapat serangan udara Israel, kata juru bicara Kementerian Kesehatan Palestina Dr Ashraf el-Qedra. Militer Israel mengkonfirmasi serangan itu terhadap dua pengendara sepeda motor karena keduanya militan.

Militer Israel mengatakan Hamas menembakkan 14 roket ke Israel, sehingga 40 roket telah ditembakkan seusai gencatan berakhir pada Jumat (8/8). Seorang warga sipil dan seorang tentara Israel terluka pada Jumat, namun tidak ada kerusakan parah di wilayah di Israel pada serangan roket Sabtu. Tetapi, sebutnya, dentumam roket Hamas menerjang Israel dan gemuruh bom dan mortir bergemuruh Gaza.

Israel mengatakan pihaknya telah melakukan lebih dari 100 serangan di Gaza sejak Jumat, 40 di antaranya sejak Jumat tengah malam dan petugas medis Palestina mengatakan serangan Israel menewaskan 10 orang. Di Tepi Barat, bentrokan baru pecah saat pemakaman dua orang Palestina yang ditembak mati tentara Israel, kata para saksi mata. Pemuda Palestina sempat melemparkan batu dan tentara Israel menanggapi dengan gas air mata dan granat kejut.

Di Kota Gaza, warga juga mendengar ledakan saat jet tempur Israel terbang di atas kepala dan seorang anak 10 tahun meninggal saat bermain dengan teman-teman, kata Kementerian KesehatanPalestina. Dia mejelaskan jumlah korban tewas mencapai 1.911 orang sampai, kemarin dan 9.861 warga terluka.

Sedangn PBB memperkirakan sekitar 70 persen dari yang tewas merupakan warga sipil, atau sekitar 1.354 orang , termasuk 447 anak-anak. Tentara Israel mengatakan sekitar 900 gerilyawan tewas. Juru bicara IDF Letnan Kolonel Peter Lerner mengatakan bahwa jumlah itu adalah suatu perhitungan sementara berdasarkan laporan lapangan dari tentara yang pulang dari perang.(ap/afp/cnn/muh)