stat counter Anak Perempuan Lebih Rajin Merawat Orangtua yang Berusia Senja | Aceh Online Magazine

Anak Perempuan Lebih Rajin Merawat Orangtua yang Berusia Senja

Atjehcyber.com | Penelitian yang diumumkan pada rapat tahunan American Sociologi Association di San Fransisco, mengatakan bahwa dibandingkan anak lelaki, ternyata anak perempuan lebih peduli pada kehidupan orangtua mereka yang telah berusia lanjut.

 “Jumlah anak perempuan yang merawat orangtua mereka yang telah renta jumlahnya lebih tinggi dibandingkan anak lelaki,” ujar Angeline Grigoryeva, seorang mahasiswa doktoral dari Princeton University sekaligus penulis penelitian.

Berdasarkan analisa yang diambil dari data University of Michigan Health and Retirement Study, Grigoryeva menuliskan bahwa dalam sebulan rata-rata anak perempuan memberikan waktu sebanyak 12.3 jam untuk merawat orangtua.  Sementara itu, anak lelaki hanya menyediakan waktu sebanyak 5,6 jam.

“Hasilnya, terbukti bahwa anak perempuan lebih banyak meluangkan waktu untuk orangtua, sedangkan anak lelaki hanya merawat orang tuanya, ketika tidak ada lagi anak yang merawat orangtuanya,” ujar Grigoryeva.

Temuan ini memiliki alasan bahwa sifat anak perempuan lebih ringan tangan dan lebih hangat berkomunikasi pada orangtua. Apalagi saat ini secara statistik perempuan lebih berusia panjang dibandingkan laki-laki.

“Untuk pekerjaan rumah dan merawat orangtua atau anak, masih ada kesenjangan jender di lingkungan sosial,” ujar Grigoryeva./Time