stat counter Hindari Produk Ini Jika Tak Ingin Bayi Anda Bertubuh Pendek | Aceh Online Magazine

Hindari Produk Ini Jika Tak Ingin Bayi Anda Bertubuh Pendek

063R6Eilvo

Atjehcyber.com – Agar bayi yang dikandung tetap sehat, ibu hamil biasanya sangat teliti dalam menjaga kebersihan tangan.

Usai beraktivitas, tak jarang mereka menggunakan sabun anti bakteri demi menjaga tangannya tetap higienis. Namun, benarkah cara ini?

Belum lama ini, sebuah penelitian dari Arizona State University, Amerika Serikat, yang dilansir Daily Mail, Senin (1/9/2014), menyatakan, menggunakan produk yang di dalamnya mengandung antimikroba dan paraben, bisa membuat bayi yang dikandung lahir dengan postur tubuh pendek.

Produk yang dimaksud tak lain adalah produk antimikroba yang mengandung zat triclosan dan triclocarbon yang banyak terdapat pada sabun-sabun pencuci tangan.

Tak hanya itu, triclosan dan triclocarbon disinyalir memiliki paparan tertentu yang bisa menyebabkan gangguan pada ibu hamil dan bayi yang dikandung. Sebelumnya, penelitian ini telah dilakukan pada hewan. Hasilnya menunjukkan, dua zat antimikroba ini mempengaruhi kenerja hormon dalam tubuh.

Meski masih membutuhkan sampel untuk penelitian lebih lanjut, Food and Drug Administration (FDA) telah  mengeluarkan catatan yang menyatakan bahwa triclosan berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, kandungan triclosan pada produk anti kuman disinyalir justru malah membuat kuman semakin kebal. Di samping zat ini juga menyebabkan polusi pada air.

Berkaitan dengan penelitian tersebut, ilmuwan dari Arizona State University Amerika Serikat, Benny Pyke, memaparkan, hingga kini ada 2.000 produk kosmetik sehari-hari dan pembersih yang memiliki kandungan antimikroba beredar luas di pasaran.

Produk-produk tersebut meliputi detergen, sabun cuci tangan, pembersih ruangan, pasta gigi, cat, mainan anak, dan karpet. 

(Ros/Metro)