stat counter Sebelum Tinggal Bersama, Kenali Dulu Tipe Mertua Anda | Aceh Online Magazine

Sebelum Tinggal Bersama, Kenali Dulu Tipe Mertua Anda

Atjehcyber.com – Banyak pasangan yang setelah menikah memilih untuk tinggal bersama mertua, entah di rumah keluarga pihak suami atau istri. Ada beberapa penyebab pasangan memilih tinggal dengan mertua, misalnya karena suami atau istri adalah anak tunggal sehingga ingin menemani orangtua. Selain itu, bisa juga karena mertua sudah tak sanggup untuk hidup sendiri, baik dari sisi finansial ataupun kesehatan.

Tinggal serumah dengan mertua pasti ada risiko, baik positif atau negatif.  “Tidak ada kekhawatiran saat bekerja dan meninggalkan anak karena ada mertua yang mengawasi,” kata Sukma Rani Moerkardjono, M.Si,   psikolog dari Ukrida. Kondisi ini, tentu berbeda dengan jika anak ditinggal dengan baby sitter .

Rasa nyaman akan dirasakan anak karena ada nenek atau kakek yang menemani. Hubungan pun akan lebih dekat dan akrab sehingga tercipta kebersamaan antara anak, cucu, serta menantu.

Selain itu, anak pun akan merasa bahagia bisa didampingi oleh orang yang disayangi. “Siapa, sih, yang tidak ingin dikelilingi keluarga yang dicintai? Misalnya, ada kegiatan baru bagi sang kakek yaitu mengantar cucu ke sekolah. Kakek dan nenek akan merasa lebih berharga,” ujar Sukma.

Namun, perlu pemahaman untuk menghadapi sifat dan karakter mertua yang tentunya beragam. Menurut teori, hubungan mertua dan menantu itu bermacam-macam. Hal ini tergantung dari tipe mertua  yang Anda miliki.

“Ada juga mertua yang tak mau ikut campur bahkan tak peduli karena tugasnya sebatas mengawasi cucu-cucunya. Ada pula mertua yang tunduk pada menantunya karena status menantunya lebih tinggi, entah dari sisi pekerjaan atau kekayaan.  Ada juga mertua yang menguasai menantunya, di sisi lain ada juga mertua yang sangat dekat atau merangkul menantunya,” tambahnya.

Perbedaan tipe ini harus benar-benar dipahami dan dicari celahnya agar hubungan bisa seimbang, saling menghargai, dan tak membuat salah satunya merasa tertekan. Selain itu, ada baiknya kenali tipe mertua  sebelum Anda tinggal bersamanya./Kompas.com