Home Lifestyle Ucapkan “Sayonara” pada Para Pria Nakal

Ucapkan “Sayonara” pada Para Pria Nakal

475
0
SHARE

Dr Van: “Penelitian ini mendukung gagasan bahwa kerendahan hati sangat penting untuk membentuk dan memperbaiki hubungan antar pasangan.”

sayo-nara

Atjehcyber.com – Tak dimungkiri lagi bahwa karakter dan sosok “bad boy” atau dalam bahasa Indonesia disebut pria nakal,  selalu menarik dan menggoda. Namun, berdasarkan penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam The Journal of Positive Psychology, membuktikan bahwa menjadi pria yang rendah hati adalah kunci untuk menarik perhatian wanita.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Van Tongeren dan rekannya ini melakukan tiga sesi eksperimen.

Eksperimen pertama dilakukan terhadap 41 mahasiswa yang diminta untuk melihat profil dari mahasiswa lain, dan menjawab pertanyaan personal mengenai apa yang mereka suka dari orang lain. Selanjutnya, mengukur kerendahan hati dari orang tersebut.

Eksperimen  kedua yang dilakukan pada 133 mahasiswa, menerapkan metode nyaris serupa, tetapi daripada menggunakan ukuran angka, mahasiswa yang diteliti diminta untuk menceritakan apa yang mereka lihat dari foto lawan jenis. Apakah dapat menjadi pasangan yang potensial atau tidak.

Eksperimen ketiga, dilakukan pada 416 partisipan, hampir setengahnya menjalani hubungan jarak jauh dan mengatakan hal tersebut membuat diri mereka stres.

Dari ketiga hasil penelitian tersebut, nyatanya kerendahan hati adalah hal yang sangat penting dan berpengaruh terhadap langgengnya suatu hubungan. Bagi partisipan yang percaya bahwa pasangannya rendah hati, maka mereka akan lebih mudah memafkan pasangannya. Hasil lainnya, pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh agak sulit memaafkan pasangannya.

Seorang Psikolog mengatakan bahwa menjadi seseorang yang rendah hati, berarti orang tersebut menyingkirkan kekuasaan dan rasa superiornya dalam hubungan, kemudian lebih menempatkan hubungannya dengan kekasih sebagai yang paling penting. Jadi, kerendahan hati bukan hanya membuat seseorang menjadi lebih menarik, tetapi juga menjaga dari pertengkaran.

Dr Daryl Van Tongeren, dari Hope College di Michigan mengatakan, “Penelitian ini mendukung gagasan bahwa kerendahan hati sangat penting untuk membentuk dan memperbaiki hubungan antar pasangan.”

Lebih lanjut, Tongeren mengatakan bahwa kerendahan hati menjadi kepribadian yang didambakan semua orang yang menjalani hubungan lawan jenis, karena dapat menjaga hubungan dari segala tekanan.

Para penuliti mengatakan orang yang rendah hati, cenderung melihat kekuatan dan kelemahan dalam diri mereka secara akurat, menerima kritik dan pujian degan mudah, serta rajin membantu. Akhirnya, para penulis menyarankan cobalah untuk menjadi rendah hati dalam menjalani hubungan dengan cara melihat dari sudut pandang pasangan, tidak malu untuk meminta maaf, berusaha membangun hubungan, tidak menyangkal atau membela diri saat melakukan kesalahan.

  • Sumber: Kompas.com