stat counter Ada Asap Berbentuk Bebek di Gunung Slamet | Aceh Online Magazine

Ada Asap Berbentuk Bebek di Gunung Slamet

Ada asap putih bulat besar dan di bawahnya ada asap berbentuk bebek di Gunung Slamet, orang menyebut Mbah Bebek. Fenomena ini muncul Kamis (11/9/2014).

Ada asap putih bulat besar dan di bawahnya ada asap berbentuk bebek di Gunung Slamet, orang menyebut Mbah Bebek. Fenomena ini muncul Kamis (11/9/2014).

Atjehcyber.com – Peristiwa unik dan langka muncul saat Gunung Slamet di wilayah Jawa Tengah meningkat aktivitasnya dengan mengeluarkan letusan dan lava pijar. Fenomena asap yang berbentuk bebek dan ada cincin di atasnya mendadak muncul dari kawah Gunung Slamet.

Ini bukan kali pertama ada asap berbentuk bebek. Dulu, pada 15 Maret 2014, terjadi hal yang sama. Namun, perbedaan kali ini, asap berbentuk bebek ada lingkaran atau cincin seperti malaikat di atas bentuk bebek ini.

Kejadian adanya bentuk seperti malaikat bebek ini terjadi pada Kamis (11/9/2014) sekitar pukul 12.45 WIB. Dan, ratusan masyarakat yang berkunjung di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet Gambuhan mengabadikan dengan smartphone ataupun kamera profesional (SLR).

Melihat fenomena alam ini, ada pula yang mengucapkan doa karena mengagumi karya Sang Pencipta.

“Angel of duck, seperti malaikat bebek. Ada asap putih bulat yang cukup besar dan di bawahnya ada asap berbentuk bebek,” ungkap Pengunjung Gunung Slamet, Suryono.

Pengunjung asal pemalang ini menerangkan, ada mitos tentang di Gunung Slamet. “Mbah Bebek adalah tokoh mitos sebagai penguasa Gunung Slamet,” jelasnya.

Terkait hal ini, Pengamat pada Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Sukedi juga tidak mengetahui secara persis ada fenomena alam ini. “Ini baru kali pertama terjadi,” jelasnya.

Menurutnya, ada peningkatan aktivitas magma. Diantaranya, terjadi letusan abu vulkanik yang diikuti suara dentuman. Bahkan suara dentuman hingga terdengar sampai radius 17 km. “Suara dentuman mengetarkan kaca rumah,” tambahnya.

Menurut kepercayaan warga sekitar Gunung Slamet, kemunculan asap yang berbentuk bebek menyerupai malaikat merupakan pertanda buruk. Mereka percaya bahwa akan ada hal-hal yang tidak diinginkan bakal terjadi. (Tribun Jateng)