Home Lounge Arti Sebernarnya “Water Resistant” Pada Jam Tangan

Arti Sebernarnya “Water Resistant” Pada Jam Tangan

1134
6
SHARE

case2back1Atjehcyber.com | Water resistant atau tahan air pada jam tangan telah diteliti berdasarkan hasil dari uji tekanan di laboratorium dengan perbandingan seorang perenang yang berada di dalam air pada kedalaman tertentu. Jam tangan yang menggunakan tanda “water resistant” tapi tidak mencantumkan angka kedalaman seperti 3 ATM (Atmosfir), 
50 feet, 100 meter dan lain-lain tidak di desain untuk berada di bawah permukaan air. Walaupun bisa bertahan sementara di dalam air, namun jika terus menerus dalam kondisi tersebut maka jam tangan tersebut akan kemasukan air. Jam tangan dengan tanda “Water Resistant” saja artinya jam tangan itu “Accidental Wetting”! atau basah tanpa sengaja.

Ketahanan air pada jam tangan diukur pada kondisi statis, kondisi tekanan air pada kedalaman tertentu, dan kecepatan adalah fungsi dari tekanan tersebut. Semakin cepat air yang melewati jam tangan seperti terkena semprot dari penyemprot air, gerakan tangan pada waktu berenang, atau sedang mandi, maka semakin besar tekanan air terhadap jam tangan dan dapat melampaui standar ketahanan air yang telah di rencanakan pada jam tangan tersebut. Walaupun jam tangan mempunyai ketahanan air hingga 100 feet atau sekitar 30 meter, air dapat masuk melalui pelindung kaca, case-back gasket, knop setting, atau tombol pada jam tangan tersebut.

Pergantian suhu secara tiba-tiba dari suhu dingin ke suhu panas dapat menyebabkan karet gasket, base metal, bagian steel case yang didesain untuk memproteksi jam tangan terhadap air akan melonggar sementara dan membuat air masuk. 

Perlu diperhatikan presisi gasket yang melindungi knop pengaturan, case-back, atau kaca akan rusak seiring dengan waktu, dan perlu diperiksa secara periodik dan diganti sebelum aus dan berkarat karena kebocoran kemungkinan akan terjadi. 


Seberapa tahan jam tangan agan terhadap air ???

Cukup melihat pada dial, biasanya diantara 4 dan 7 digit atau pada case-back terdapat kata : water resistant, water resist, W/R, 3ATM atau : 100, 150, 200, feet/meter dan lain-lain. Jam tangan yang tidak didesain untuk berada di bawah permukaan air tidak mempunyai tanda angka kedalaman air.

Menurut panduan yang dikeluarkan oleh Federal Trade Commission, sejak 1960, para pemasar jam tangan tidak diperbolehkan memberi label pada jam tangan mereka dengan label “water-proof”. Hal ini membantu kita untuk mengetahui kebenaran dan keakuratan suatu produk label dan periklanan. Bahkan jika jam tangan didesain untuk menyelam di dalam laut tetap tidak bisa di klaim sebagai waterproof atau tahan air. Segel yang menjaga air masuk tidak benar-benar tahan dan efektivitasnya dapat berkurang seiring dengan waktu, kerusakan dan paparan bahan kimia. Konsep ini diakui secara global ketika berhadapan dengan presisi jam tangan.

1780944_20140822040335

1780944_20140822040548

Kaskus.co.id