stat counter Fitur-Fitur Penting MS Word untuk Menulis SKRIPSI | Aceh Online Magazine

Fitur-Fitur Penting MS Word untuk Menulis SKRIPSI

Tidak sedikit mahasiswa yang keteteran saat mengerjakan tugas akhir.

Atjehcyber.com – Microsoft Word memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap, untuk mempermudah penulisan tugas akhir seperti skripsi, disertasi, tesis, jurnal ilmiah dan lain-lain. Namun sayangnya, tidak semua orang memahami dengan baik kegunaan setiap menu atau fitur yang ada.

Tidak sedikit mahasiswa yang keteteran, saat mengerjakan tugas akhir di aplikasi pengolah kata ini. Fitur-fitur dalam Microsoft word bisa bekerja secara otomatis, seperti pembuatan daftar isi dan daftar pustaka. Mari kita bahasa lebih lanjut fitur-fitur penting tersebut.

MS Word memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap untuk mempermudah penulisan tugas akhir seperti skripsi, disertasi, tesis, jurnal ilmiah dll. Namun sayangnya tidak semua orang memahami dengan baik kegunaan setiap menu atau fitur yang diberikan dalam MS Word sehingga tidak sedikit mahasiswa yang keteteran saat mengerjakan tugas akhir. Fitur-fitur dalam MS word bisa bekerja secara otomatis, seperti pembuatan daftar isi dan daftar pustaka. Mari kita bahasa lebih lanjut fitur-fitur penting di MS Word tersebut.

Gambar di atas adalah tampilanm screen shot laman kerja MS Word. Pada tulisan ini saya akan membahas 2 fitur dalam MS  dalam fitur REFERENCES.

Gambar di atas adalah tampilanm screen shot laman kerja MS Word. Pada tulisan ini saya akan membahas 2 fitur dalam MS dalam fitur REFERENCES.

MS-Word-1024x575

1. FITUR TABLE OF CONTENTS. 

Fitur ini memberikan kemudahan dalam hitungan detik untuk membuat Table of Contents atau Daftar Isi. Dalam Isi akan dibuat persis seperti judul dan isi tulisan beserta dengan halamannya. Jika halaman berubah, penulis cukupupdate fields sehingga halaman akan diperbaharui. Dengan fitur ini penulis tidak perlu secara manual membuat daftar isi.

Sebelum mempergunakan menu ini dengan benar, tulisan dalam MS word harus tersusun dengan lay out yang benar seperti Heading1, Heading 2, Heading 3, Normal dll.

2. INSERT CITATION

Fitur ini mempermudah penulis untuk menyimpan semua dokumen referensi. Semua dokumen referensi yang dipergunakan bisa dibuat dalam sebuah database, sehingga ketika menulis semua sumber sudah ada di dalam MS Word. Pekerjaan penulis selanjutnya hanya klik referensi mana yang dipergunakan.

Jika proses penulisan sudah beres, penulis tinggal klik menu BIBLIOGRAPHY untuk import semua daftar pustaka / referensi yang dipakai. Secara otomatis MS Word akan mengimport daftar pustaka yang dipakai dalam tulisan tanpa terkecuali dalam hitungan detik. Dengan proses seperti ini maka tidak akan ada satupun daftar pustaka yang terlewatkan. Daftar pustaka yang dimport juga sudah tersusun dalam urutan abjad.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan tidak ada kesan jika menulis itu susah. Selamat menulis.