Home Lounge Trotoar Khusus Pengguna Smartphone

Trotoar Khusus Pengguna Smartphone

427
0
SHARE

Jalur trotoar khusus bagi pengguna smartphone di kota Chongqing, Tiongkok
Jalur trotoar khusus bagi pengguna smartphone di kota Chongqing, Tiongkok

Atjehcyber.com – Berjalan kaki sambil mengoperasikan smartphone kian banyak dilakukan. Seringkali, kegiatan itu berujung celaka, seperti kaki yang terjeblos di lubang atau saling tabrak satu sama lain.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, sebuah kota di Tiongkok membuat jalur khusus untuk pengguna smartphone.

Kota Chongqing menyediakan jalur khusus bagi pengguna smartphone di trotoar. Dengan demikian, mereka bisa berjalan sembari melihat ke layar telepon, terpisah dari pejalan kaki biasa.

Dikutip dari Mashable (14/9/2014), jalur dengan lebar kurang lebih 3 meter itu diberi tanda dengan tulisan berbahasa Tiongkok dan Inggris yang berbunyi, “Pengguna smartphone berjalan di jalur ini, risiko ditanggung sendiri.”

Sementara jalur lainnya diberi tanda “No Cell Phones,” yang ditujukan bagi pejalan kaki pada umumnya.

Trotoar itu juga dilengkapi dengan tanda rambu-rambu bagi pejalan kaki. Rambu berwarna biru itu bertuliskan “First mobile phone sidewalks in China,” yang menandakan jalur tersebut merupakan yang pertama di Tiongkok.

Menurut harian Telegraph, pejabat setempat membuat jalur tersebut dengan sengaja untuk memperingatkan pejalan kaki untuk tidak menggunakan smartphone sambil berjalan. “Sebaiknya tidak mengoperasikan smartphone saat berjalan kaki,” ujarnya.(Kompas.com)