stat counter Asal Mula ISIS Berkembang di Aceh | Aceh Online Magazine

Asal Mula ISIS Berkembang di Aceh

Atjehcyber.com

Bisa dijelaskan sejak kapan  ISIS terbentuk di Aceh?
ISIS Aceh tidak didelarasikan seperti di Irak tahun lalu. Namun pada awalnya hanyalah simpatisan saja, kemudian seiring semakin banyak yang mencoba bergabung sebagai manifestasi pilar Islam, maka kami pun mencari jaringan pada teman-teman yang seorientasi yang pernah berjihad di Afghanistan, Moro, dan Ambon. Kemudian kami disuruh bentuk di Aceh sebagai perwakilan Negara bukan provinsi. Ketua  ISIS Aceh bergelar Amir. Secara resmi  ISISdi Aceh lahir 1 Januari 2014.

Bagaimana proses pembentukannya?
ISIS Aceh akan terus dibentuk hingga tingkat desa. Target kami sebelum tahun 2015 seluruh Aceh sudah terbentuk jaringan  ISIS.

Apakah melibatkan orang Aceh atau kader  ISIS dari luar Aceh?
Seluruh anggota  ISIS di Aceh tidak ada dari luar Aceh karena kami mandiri alias tidak tunduk ke  ISIS Indonesia pimpinan Abu Muhammad Al-Indonesi.  ISIS Aceh di bawah komando langsung khalifah tertinggi Abu Bakar Al-Baghdadi.

Sejauh mana sudah pematangan pengurus  ISIS di Aceh?
Kami sedang bekerja secara maksimal merekrut orang-orang yang berjiwa mujahid. Kami yakin di Aceh sangat banyak orang-orang yang berjiwa mujahid karena darah orang Aceh adalah darah pejuang dan pembela kebenaran.

Dari kalangan mana saja anggotanya?
Dari berbagai profesi dan keahlian bahkan beberapa di antaranya alumni Afghanistan dan Libya.

Apakah ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi?
Secara umum tidak, tapi diutamakan yang berjiwa mujahid dan cinta Islam.  ISIS merupakan negara besar, yakni Khilafah, oleh karena itu, diperlukan dari berbagai profesi termasuk kami terus merekrut anggota TNI dan Polri serta mantan kombatan GAM, politisi, akademisi, dan profesional lainnya.

Bagaimana proses merekrut anggota?
Salah satunya adalah menyampaikan pentingnya mengembalikan kejayaan Islam sebagaimana masa silam, yakni dengan mendirikan kembali khilafah islamiyah. Dari beberapa kader dan anggota minimal kami mewajibkan merekrut 10 orang per kader.

Bagaimana peran  ISIS di Aceh?
ISIS di Aceh tidak akan menggunakan senjata dalam memperkuat jaringan.  ISIS Aceh berjuang secara damai dan politis. Namun, apabila kami diusik, kami tidak tinggal diam. Setiap anggota kami terbunuh satu orang, maka wajib atas kami membalas 10 orang musuh Islam. Apabila kami tidak diganggu, kami juga tidak mengganggu.

Apa target gerakan  ISIS di Aceh?
Pertama, menunggu Irak dikuasai secara de jure dan de facto oleh ISIS induk. Insya Allah tidak lama lagi presiden Irak yang boneka Amerika Serikat (AS) akan jatuh, lalu pimpinan Suriah Bashar Asad. Setelah itu akan menguasai negara-negara sekitar dengan menggantikan sistem thagut dengan sistem Islam. Di Aceh, kita sebelum kedua negara boneka AS tersebut tumbang, kita terus memperkuat jaringan hingga ke seluruh desa.

Apakah para anggota  ISIS juga melakukan latihan (seperti) militer?
Masalah tersebut tergantung pimpinan  ISIS negara masing-masing. Untuk Aceh tidak karena mayoritas pimpinan  ISIS Aceh sudah pernah turun dalam konflik bersenjata.

Berapa jumlah anggota  ISIS yang sudah terdata saat ini di Aceh?
Mengenai angggota kita akan mendata semuanya akhir tahun 2014 ini. Namun, menurut jaringan yang kini telah terbentuk 21 kabupaten/kota, anggota  ISIS Aceh sekitar 4 ribu orang. Mayoritas mereka mantan kombatan GAM.

Bisa dijelaskan secara ringkas struktur pengurus  ISIS Aceh?
Ini agak rahasia. Namun komando tertinggi disebut Amir. Seluruh informasi yang bertanggung jawab adalah Juru Bicara.

Apakah para anggota  ISIS di Aceh juga dibai’at atau disumpah?
Yang sudah dibaiat belum sampai 1.000 orang dan ini sedang berjalan terus. Tetapi tidak banyak sekali baiat, paling sekitar satu regu atau 10 orang. Yang membaiat adalah orang yang dianggap shalih dan bertakwa dari pengurus  ISIS sendiri.

Apakah  ISIS di Aceh juga memiliki peralatan militer, misalkan senjata?
Pada awal sudah kita sebutkan, kami tidak menggunakan kekerasan dalam berjuang, tapi apabila satu orang anggota kami dibunuh atau ditangkap, wajib atas kami 10 orang sebagai balasan.

Bagaimana hubungan  ISIS Aceh dengan wilayah lain di Indonesia?
Secara komando kita tidak ada hubungan langsung, namun secara pribadi memang ada atau tukar menukar informasi.

Garis perjuangan seperti apa yang dilakukan  ISIS di Aceh?
Garis perjuangan  ISIS di Aceh akan tampak nyata setelah Irak dan Suriah dikuasai oleh  ISIS induk pimpinan Al-Mujahid Abu Bakar Al-Baghdadi.

Apakah ada anak-anak Aceh jadi relawan dan dikirim keluar Aceh untuk berjihad di bawah naungan  ISIS?
Belum ada perintah dari sana.

Beberapa pihak mengaitkan  ISIS adalah kelompok Islam radikal. Bagaimana Anda menjelaskan tudingan ini?
Hal itu lumrah terjadi di mana-mana, sejak Nabi Muhammad berjuang macam-macam tuduhan, seperti tuduhan sihir, gila harta dan wanita, dan lain-lain. Tidak ada yang namanya perjuangan tidak ada tantangan. Tuduhan radikal karena  ISIS menggunakan senjata di Irak dan Suriah. Apa mungkin melawan rudal Irak dan Suriah dengan tangan kosong? Itu statemen kuno dan goblok! Kami berharap kami tidak diusik karena perjuangan kami menegakkan hukum Allah di muka bumi dan berjuang demi umat Islam. Jangan sampai sesama Islam kita dikorbankan. TNI-Polri mayoritas islam dan kami semuanya Islam. Apabila kita bertikai, maka orang-orang kafir akan bertepuk tangan dan bersorak gembira.

Apakah  ISIS punya pergerakan atau tujuan yang sama dengan beberapa organisasi lainnya?
Secara organisasi tidak ada dan kami pun tidak mau mengorbankan saudara kami yang lain. Mereka berjuang dengan cara mereka masing-masing dengan tujuan yang sama, yaitu mencari ridha Allah dan surga-Nya.(sar/serambi)