stat counter Basarnas Akui Butuh Capsule Untuk Evakuasi Korban di Dalam Air | Aceh Online Magazine

Basarnas Akui Butuh Capsule Untuk Evakuasi Korban di Dalam Air

Rute AirAsia

Jakarta – Komisi V DPR mendatangi Kantor Basarnas dan menanyakan alat apa yang kini dibutuhkan Basarnas untuk proses evakuasi AirAsia QZ8501. Basarnas mengakui membutuhkan capsule untuk melakukan pencarian di dalam air.

DPR memberikan support dan menanyakan kesulitan apa terutama alat yang belum dimiliki. Untuk yang di bawah air, marine detektor, kita punya. Tapi untuk capsule ke bawah air, kita belum punya,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo di kantornya, jalan Angkasa, Kemayoran, Jakpus, Senin (5/1/2014).

Menurutnya, saat ini tim dari Rusia sudah memiliki capsule tersebut. Namun yang dimiliki Rusia yakni unmanned Submersible.

“Yang dibawa tim Rusia unmanned submersible, kalau bisa kita punya yang manned submersible,” terangnya.

Kemudian, Soelistyo menegaskan untuk 5 objek besar yang ditemukan masih diduga itu sebagai objek AirAsia QZ8501. Hingga kini tim gabungan masih terus berusaha mencari black box.

“Teori mengatakan sinyal (black box) itu maksimal 30 hari, saya beranggapan masih ada sinyal sampai sekarang, susahnya itu kita menentukan di mana barang ini. Sudah kita terjunkan 5 kapal untuk mencari sinyal black box,” ucap Soelistyo.

Sumber : Detik

You must be logged in to post a comment Login