stat counter Jaringan SS Ketua KIP Aceh Timur Diciduk | Aceh Online Magazine

Jaringan SS Ketua KIP Aceh Timur Diciduk

DIREKTUR LBH Iskandar Muda, A Muthallib Ibrahim menemui Ketua KIP Aceh Timur, Ismail di Mapoltabes Medan, Sabtu (13/12). (c) Serambi

DIREKTUR LBH Iskandar Muda, A Muthallib Ibrahim menemui Ketua KIP Aceh Timur, Ismail di Mapoltabes Medan, Sabtu (13/12). (c) Serambi

Atjehcyber.com – Kepolisian di Sumatera Utara (Sumut) kembali menangkap satu pengedar narkoba yang diduga berkaitan dengan Ismail SAg, Ketua KIP Aceh Timur. Temuan ini semakin menguatkan polisi untuk menjerat Ismail sebagai pengedar narkoba antarprovinsi.

Kasat Res narkoba Polresta Medan, Kompol Dony Alexander mengungkapkan, tersangka baru itu diringkus di seputaran Kabupaten Langkat, baru-baru ini. Namun ia mengatakan tak berwenang merinci kronologis penangkapan dan identitas tersangka.

“Yang menangkap Polres Langkat. Dan berkaitan dengan Ismail,” kata Dony, Selasa (30/12).

Ia hanya mengatakan tersangka yang membawa sabu-sabu itu juga penduduk Aceh. Saat ini pria itu masih diperiksa intensif di Polres Langkat. Sejauh ini belum ada pejabat di Polres Langkat yang bersedia memberikan keterangan terkait penangkapan itu.

Dony menambahkan, penyidikan yang mereka lakukan menemukan bukti kuat kalau Ismail berperan sebagai pengedar narkoba. Ditegaskannya, penangkapan Ismail pada 4 Desember 2014 berdasarkan keterangan Fahmi dan Rabani. Dua pria asal Peureulak, Aceh Timur ini terlebih dahulu ditangkap. Dalam pemeriksaan keduanya menyebut nama Ismail sebagai salah satu sindikat peredaran sabu-sabu 1 kilogram yang sudah disita polisi.

“Hak dia membantah. Hak kita mencari fakta melalui penyelidikan dan penyidikan. Yang jelas kami memiliki dasar kuat untuk meningkatkannya ke pengadilan,” kata Dony terkait bantahan Ismail yang mengaku dijebak.

Pemeriksaan ketiga tersangka diakui Dony sudah hampir selesai. Ia memperkirakan BAP ketiganya akan dilimpahkan ke jaksa pada pekan kedua Januari.

Seperti diberitakan, Ketua Komisi Independen Pemilu (KIP) Aceh Timur, Ismail SAg dijadikan tersangka kasus peredaran narkoba jenis sabu-sabu (SS) setelah bersama dua temannya ditangkap di sebuah pangkalan bus, Jalan Medan-Binjai, Km 12, Sunggal, Deliserdang. Beredar berbagai versi terkait kasus itu, termasuk waktu penangkapan dan jumlah SS yang dibawa tersangka.

Sepanjang menjalani pemeriksaan, Ismail kerap membantah dirinya sebagai Ketua KIP Aceh Timur. Hal ini sempat menimbulkan kesimpang-siuran identitas tersangka. Namun berdasarkan penelusuran lebih mendalam, akhirnya Dony memastikan Ismail SAg adalah Ketua KIP Aceh Timur. “Ya, ternyata memang dia (Ketua KIP Aceh Timur) yang ditangkap,” kata Dony usai mendapat rincian ciri-ciri tersangka.

Dalam perkembangan selanjutnya, sebagaimana disampaikan Direktur LBH Iskandar Muda, HA Muthallib H Ibrahim SE SH MSi kepada Serambi, Ismail mengaku kecewa karena penangkapannya digembar-gemborkan. Bahkan, Ismail sempat disebut-sebut ditangkap di sebuah hotel bersama dua perempuan. “Itu sama sekali tidak benar, itu fitnah, Ismail mengaku ditangkap di pinggir jalan di kawasan ringroad, Kamis, 4 Desember 2014,” kata Haji Thaleb.

Kepada H Thaleb, Ismail juga mengaku tidak tahu apapun mengenai barang bukti SS yang disebut seberat 1 kg. “Tidak ada barang bukti, tapi beliau mengaku dua orang lain adalah temannya,” ujar H Thaleb mengutip pengakuan Ismail yang juga menyebutkan dia ditangkap seorang diri sekitar pukul 13.00 WIB, Kamis 4 Desember 2014 setelah dua temannya ditangkap sejam sebelumnya di Jalan Gaperta, Medan.

You must be logged in to post a comment Login