Home Lounge Kecubung Mega Jadi Incaran Pecinta Batu

Kecubung Mega Jadi Incaran Pecinta Batu

1427
0
SHARE

Batu Akik Kecubung Mega. (c) Batumulialukula.com
Batu Akik Kecubung Mega. (c) Batumulialukula.com

Atjehcyber.com – Setelah ditemukannya batu mega di kawasan Koto Indarung, Kemukiman Manggamat, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, perhatian para pecinta batu cincin malah megarah ke Manggamat.

Harga Batu Kecubung Mega ini bervariasi mulai dari harga Rp 1 juta/kg hingga Rp 5 juta/kg atau tergantung kualitas dan kelas batu itu sendiri. Batu Kecubung Mega ini memiliki tiga warna, yakni Unggu, Kuning dan Merah. “Yang banyak diincar penggemar batu akik, yakni warna ungu. Batu Kecubung Mega ini memiliki kilauan dan warna yang menarik, kesannya mewah dan mempesona,” kata Bakri, salah seorang pengumpul Batu Kecubung Mega, warga Desa Malaka, Kecamatan Kluet Tengah kepada Serambi, Jumat (16/1).

Menurut Bakri, Batu Kecubung Mega yang mudah didapatkan saat ini yakni warna unggu, sedangkan kuning dan merah masih sangat langka dan masih sangat kurang peminatnya. “Harganya bervariasi, ada yang Rp 1 juta/kg ada juga yang harganya Rp 5 juta/kg. Tergantung kelas dan kualitas batunya,” jelas Bakri.

Dia mengaku, akhir-akhir ini kwalahan memenuhi pesanan dari para pecinta batu akik. Sebab jumlah Batu Kecubung Mega sangat terbatas dan hanya bisa didapatkan di Kemungkiman Manggamat, Kecamatan Kluet Tengah. “Beda halnya dengan Giok Nagan, itu hampir tersebar, kalau batu Kecubung Mega Manggamat jumlahnya sangat terbatas,” ungkap Bakri.

Diakuinya, untuk per hari dia harus mampu memenuhi pesanan sampai 5 Kg Batu Kecubung Mega. Jumlah tersebut diakuinya masih mampu dipenuhi. “Cuma kalau skala besar agak sulit juga. Kecuali kita kumpulkan dari seluruh pengumpul baru dapat 100 atau 200 kg,” pungkas Bakri sembari menambahkan, bagi peminat atau pecinta batu Kecubung Mega bisa datang ke Manggamat.

Adun Arda, seorang pecinta batu akik mengaku kagum dengan kualitas batu Kecubung Mega asal Manggamat. Sebab menurutnya, batu tersebut memiliki warna dan pancaran yang cukup mempesona. “Artinya, selain untuk hobi batu Kecubung Mega ini bisa menjadi perbiasan, sebab selain warnanya yang indah batu ini juga memiliki kilauan yang unik dan menarik,” ujarnya.