Home Nanggroe Nikah Liar Marak di Pidie

Nikah Liar Marak di Pidie

470
0
SHARE

Ilustrasi
Ilustrasi

Atjehcyber.com – Fenomenan pernikahan dibawah tangan alias nikah siri ternyata tidak hanya marak di tanah Jawa, melainkan juga di Provinsi Aceh yang menerapkan Syariat Islam.

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Pidie mengungkapkan di daerah penghasil emping melinjo dan lumbung padi terbesar di Aceh ini, nikah liar juga sering terjadi dan masih marak dilakukan oleh masyarakat.

Wakil Ketua MPU Pidie, Tgk Rasyidin kepada Rakyat Aceh, Senin (9/2) mengatakan, kasus nikah liar masih kerap terjadi di Kabupaten Pidie, namun masih sulit untuk ditelusuri karena sangat tertutup.

Dia mengungkapkan, selama tahun 2014, ada sekira 10 kasus nikah liar yang dilaporkan masyarakat kepada MPU Pidie, semuanya sedang mereka tanggani dan telusuri. Adapun pelaku atau yang melapor kebanyakan merupakan masyarakat berpendidikan rendah atau orang awam, mereka kabanyak merasa ditipu oleh pasangannya yang ternyata sudah memiliki suami atau istri.

“Ada 10 orang yang melapor kepada kami, banyak dari mereka petani yang awam, biasanya mereka melapor melalui kerabatnya, mungkin karena malu atau sebagainya,” Jelas Rasyidin.

MPU menduga, jika praktik tersebut tidak hanya dilakukan masyarakat berpendidikan rendah, namun juga oleh mereka yang berpendidikan tinggi, tapi tidak mungkin melapor, karena mungkin lebih tahu kondisi yang mereka lakukan salah.

Sementara menyangkut dengan tokoh agama yang menikahkan mereka, MPU Pidie sudah mendatangi mereka dan memberi sanksi sesuai dengan tingkat kesalahan, baik itu teguran lisan sampai pencabutan gelar tokoh.

“Kami himbau kepada tokoh-tokoh agama di desa, jika ada wakilah untuk menikahkah orang untuk mengkroscek ulang ke desa mereka, sehingga tidak terjadi hal-hal yang merugikan dalam agama.” Demikian pintanya.

Sumber: RakyatAceh.co