Home Nanggroe PDAM Tirta Daroy Tarik Perhatian Asing

PDAM Tirta Daroy Tarik Perhatian Asing

637
0
SHARE

Delegasi Pemerintah Swedia saat berkunjung ke WTP PDAM Tirta Daroy Banda Aceh di Lambaro. (c) DOK PDAM
Delegasi Pemerintah Swedia saat berkunjung ke WTP PDAM Tirta Daroy Banda Aceh di Lambaro. (c) DOK PDAM

Atjehcyber.com | Banda Aceh – Langit bergelayut mendung. Hujan belum turun. Hanya awan hitam yang berlomba munutupi wajah angkasa. Jam menunjukkan pukul 08.30 Wib. Suasana pagi di halaman  kantor WTP (Water Treatment Plant) PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh di Lambaro Kecamatan Ingin Jaya tak seperti biasa. Hari itu tampak  ramai, beberapa karyawan seragam biru muda berdiri di depan pintu pagar,  beberapa orang lainnya  berdiri di depan pintu masuk kantor, layaknya orang sedang menunggu tamu.

Tak lama kemudian sebuah sedan hitam jenis Camry  yang disusul mobil  kijang Innova berwarna sama memasuki pekarangan kantor itu.

Dua mobil berhenti sejajar.  Satu persatu pintu  terbuka dari dua sisi.  Beberapa penumpang turun dari mobil, semua berjumlah delapan orang.  Dua sopir dan enam penumpang,    empat diantaranya perempuan. Dari enam penumpang itu, lima orang rambut pirang dan  berkulit bule, seorang  lagi  rambutnya saja  yang hitam, kulitnya sama dengan yang lain. Dapat dipastikan, enam orang itu  bukan Warga Negara  Indonesia.

Tentu saja, meraka adalah delagasi khusus  dari Kota Huddinge, Swedia yang melakukan kunjungan ke PDAM Tirta Daroy  Kota Banda Aceh awal bulan silam.

Seorang karyawan PDAM menggunakan bahasa Inggris mempersilahkan  tamu-tamu itu masuk ke ruang kantor. Semua menuju ke lantai II.  “Meeting Room” Itulah sepenggal tulisan tertempel  di ambang pintu sebuah ruangan.  Mereka pun  dipersilahkan masuk.

Sepintas, ruangan itu seperti tempat pertemuan resmi di hotel berkelas. Betapa  tidak, mulai dari penataan ruang,  meja rapat,  hingga  layar infocuss, semua tersedia dengan design  bak replika ruang hotel berbintang.

Diruang itu, rombongan delegasi tersebut didampingi langsung oleh Direktur Utama PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh Junaidi, S.Sos dan beberapa staf.  Suasana menjadi akrab ketika masing-masing delegasi dan pihak PDAM  memperkenalkan diri yang dipandu oleh seorang penerjemah.

Setelah bebincang-bincang sejenak, seorang staf PDAM Tirta Daroy menyalakan sebuah infocuss.

Untuk menjelaskan setiap slide yang muncul dilayar monitor, direktur PDAM Tirta Daroy mempercayakannya kepada Kepala Seksi Perencanaan Teknik Nasrizal Nasa, ST. Namun, dibeberapa bagian ada juga yang dijelaskan sendiri  oleh direktur PDAM.

Tamu-tamu asing itu tampak sangat serius memperhatikan tampilan-tampilan program kerja PDAM Tirta Daroy yang dipancarkan melalui layar infocuss.

Setelah hampir dua jam diruang, mereka terlihat keluar dari tempat itu. Direktur PDAM mempersilahkankan tamu-tamunya ke sebuah meja yang tersaji dengan aneka makanan. Tak ketinggalan teh manis dan kopi panas.

Usai menyantap hidangan, delegasi Swedia yang dipimpin Thomas hansson didampingi karyawan PDAM turun  ke lantai dasar. Mereka terlihat keluar dari pekarangan kantor, tak terkecuali  direktur utama PDAM Tirta daroy beserta karyawan dan stafnya.

Kali ini tujuan mereka ke sumber air baku  sebelum diolah menjadi air minum. Yaitu  sungai Krueng Aceh. Tempatnya tak jauh dengan kantor WTP, hanya terpisah dengan ruas jalan Banda Aceh – Medan.

Setelah beberapa saat di pinggir kali, mereka kembali ke kantor WTP. Tujuannya ke ruangan labotarium dan tempat pengolahan air minum.

Dengan seksama bule-bule itu melihat ke berbagai celah dan  sudut setiap ruangan yang mereka masuk. Anggukan kepala  nyaris tak berhenti. Tak pelak cepretan kamera saling beradu Bliz  saat mereka mengabadikan sesuatu yang menarik. Berbagai pujianpun diberikan.__________

Mendung berganti hujan. Tamu istimewa PDAM Tirta Daroy sudah kembali ke mobil. Dua kederaan  perlahan meninggalkan kantor WTP Lambaro. Disusul mobil milik Direktur Utama PDAM dan bebera kenderaan lainnya. Dalam derusan air langit mereka terus meluncur, tujuannya ke kantor pusat PDAM di Lampineung.(Ali -287)