Home Nanggroe Polres Bireuen Musnahkan 1,16 Kg Sabu-Sabu

Polres Bireuen Musnahkan 1,16 Kg Sabu-Sabu

641
0
SHARE
Kapolres Bireuen, AKBP M Ali Khadafi bersama Sekda Zulkifli dan Kepala BNNK Bireuen, Agussalim, memusnahkan sebanyak 1.163 gram (1,163 Kg) sabu-sabu di Mapolres Bireuen, Selasa (16/9). PROHABA/FERIZAL HASAN
Kapolres Bireuen, AKBP M Ali Khadafi bersama Sekda Zulkifli dan Kepala BNNK Bireuen, Agussalim, memusnahkan sebanyak 1.163 gram (1,163 Kg) sabu-sabu di Mapolres Bireuen, Selasa (16/9). PROHABA/FERIZAL HASAN

Atjehcyber.com – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Bireuen memusnahkan sebanyak 1.163 gram (1,16 Kg) narkoba jenis sabu-sabu di Mapolres setempat, Selasa (16/9). Pemusnahan barang bukti sabu-sabu itu turut dihadiri Sekdakab Bireuen Zulkifli, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bireuen, Agussalim, perwakilan dari Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Bireuen, serta beberapa perwira Polri.

Barang haram itu seberat 1,163 Kg itu dimusnahkan dengan tiga blender. Masing-masing dilakukan oleh Kapolres Bireuen AKBP M Ali Khadafi, Sekda Zulkifli dan Kepala BNNK Agussalim yang disaksikan para perwakilan Kejari dan Pengadilan Negeri serta perwira Polri. Turut dihadirkan juga lima tersangka pengedar barang haram tersebut.
Kapolres Bireuen AKBP M Ali Khadafi didampingi Kasat Narkoba AKP Aji Wisa Prayogo mengatakan, sabu-sabu yang telah dimusnahkan itu merupakan hasil penyitaan dari lima tersangka pengedar dan pemakai sabu-sabu yang ditangkap di dua lokasi terpisah pada 15 Agustus 2014 di Bireuen.
Lima tersangka pengedar dan pemakai sabu-sabu tersebut adalah Zb (44), warga Desa Geudong-Geudong Kota Juang, Muh (23) warga Alue Buya Pasie Jangka, serta tiga wanita masing-masing Er (38) yang juga istri Zb, Mawar (29) asal Desa Cot Gadong Jeumpa, serta Mau (26), warga Lhok Kruet Sampoiniet Aceh Jaya.
Diterangkan Kapolres, sabu-sabu yang berhasil disita dari Zb dan Muh seberat 196,9 gram, disisihkan untuk kepentingan persidangan seberat 14 gram, sisanya 182,9 gram dimusnahkan, dari tersangka Er disita 513,5 gram sabu-sabu dan disisihkan untuk persidangan 23 gram, sisanya 490,5 gram dimusnahkan, serta dari Mawar seberat 512,6 gram disisihkan untuk kepentingan persidangan seberat 23 gram dan sisanya 489,6 gram dimusnahkan. “Sabu-sabu yang berhasil disita dari lima tersangka tersebut mencapai 1,2 Kg, sedangkan keseluruhan barang bukti sabu-sabu yang dimusnakan itu mencapai 1.163 gram atau (1,163 Kg), sementara sisanya sudah disisihkan sebagai barang bukti untuk kepentingan persidangan,” terang Kapolres.
Ditambahkannya, lima tersangka pengedar dan pemakai sabu-sabu tersebut merupakan jaringan antar provinsi. Barang bukti sebesar 1,2 Kg yang berhasl disita dari lima tersangka itu merupakan yang terbesar yang berhasil diungkap Polres Bireuen dalam beberapa tahun ini. “Sejak Januari hingga September 2014, barang bukti sabu-sabu yang sudah kami musnahkan sekitar 1,5 kilogram, hari ini (kemarin-red) yang terbesar sejak Polres Bireuen ada,” pungkas Ali Khadafi.(c38/Prohaba)