Home Nasional “Allahu Akbar!”, Ucapan Terakhir Pilot AirAsia QZ8501

“Allahu Akbar!”, Ucapan Terakhir Pilot AirAsia QZ8501

418
0
SHARE

(CVR) atau perekam suara kokpit AirAsia QZ8501 (c) Tribunnews
(CVR) atau perekam suara kokpit AirAsia QZ8501 (c) Tribunnews

Atjehcyber.com – Nurcahyo Utomo merupakan ahli periksa rekaman blackbox dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Ia ditugaskan untuk memeriksa rekaman percakapan Kapten Irianto, yang menerbangkan pesawat nahas AirAsia QZ8501. Namun hal itu bukanlah tugas yang mudah baginya, karena ia mengenal sangat dekat dengan pilot mantan penerbang Angkatan Udara Indonesia tersebut.

Seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (14/1/2015), Nurcahyo merinding ketika mendengar kata-kata terakhir Kapten Irianto, sebelum pesawat yang dikemudikannya jatuh di Selat Karimata. “Mendengarkan rekaman dari kotak hitam berulang-ulang dapat mengganggu dan membutuhkan kekuatan mental yang baik,” ujarnya.

“Mendengarkan rekaman kotak hitam sebuah pesawat yang terlibat dalam kecelakaan tidak seperti mendengarkan musik atau diskusi,” lanjutnya.

Menurutnya, setelah mendengarkan rekaman percakapan blackbox QZ8501, diketahui bahwa terakhir yang diucapkan oleh Kapten Iriyanto sebelum pesawat menghujam ke dalam lautan adalah “Allahuakhbar”. “Kata-kata itu membuat saya merinding,” katanya.

Ia mengaku tak percaya harus mendengar kata-kata terakhir dari orang yang mengajarkannya menerbangkan pesawat tersebut. Meski demikian ia harus menyelesaikan mendengar seluruh rekaman percakapan tersebut.

“Mendengar percakapan terakhir akan menjadi kunci untuk mengungkap penyebab kecelakaan AirAsia. (Dari sana) kami dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi sebelum kecelakaan itu terjadi dari percakapan pilot dan co-pilot,” katanya.