stat counter Dua Hari Pencarian Tanpa Hasil | Aceh Online Magazine

Dua Hari Pencarian Tanpa Hasil

Kapal jenis Rescue Boat (RB) Basarnas. (c) DOK BASARNAS

Kapal jenis Rescue Boat (RB) Basarnas. (c) DOK BASARNAS

Atjehcyber.com – Dua gumpalan yang sempat dikira sebagai tumpahan avtur dipastikan bukan bahan bakar apalagi kepingan pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang dalam penerbangan dari Surabaya ke Singapura pada Minggu (28/12/2014). Pencarian di Belitung pun belum mendapatkan hasil sampai Senin (29/12/2014) malam.

“Ternyata itu hanya gumpalan karang saja. Memang kalau dilihat, foto dari atas itu seperti minyak yang disinyalir avtur. Begitu di kroscek, ternyata bukan,” ujar Kepala Seksi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Andriandi, saat ditemui di Posko Terpadu Kota Manggar, Belitung Timur, Senin.

Sebelumnya, beredar kabar mengenai penemuan bahan bakar yang diduga sebagai tumpahan avtur di sekitar perairan Tanjung Pandan, dan Belitung Timur. Setelah diperiksa di kedua lokasi, tim Basarnas hanya menemukan bongkahan karang yang terlihat seperti minyak. Andriandi memastikan, hingga saat ini belum ada satu pun bukti yang menunjukkan keberadaan pesawat tersebut.

Menurut Afriandi, pencarian pada hari kedua, Selasa (30/12/2014), akan dilakukan di perairan di bagian selatan Pulau Belitung.

Kesaksian

Sementara itu, Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama, yang ditemui di lokasi yang sama mengatakan, pencarian pada hari pertama telah menyisir sekitar Pulau Nangka, Pulau Cerutu, dan Pulau Pesemut. “Belum ada tanda-tanda keberadaan pesawat,” ujar dia.

Namun, Basuri mengatkan ada laporan dari sejumlah warga dan nelayan yang mengaku mendengar suara dentuman pada Minggu pagi. Suara itu diduga dari pesawat yang kini sedang dicari dan bersumber dari sekitar pulau-pulau itu. “Tadi sudah kami cek langsung, tapi kebenarannya belum bisa dibuktikan,” kata Basuri.

Pada Minggu pagi, seusai Kementerian menyatakan pesawat tersebut hilang, Basarnas dibantu dengan TNI Angkatan Laut dan beberapa instansi segera melakukan pencarian pesawat. Pencarian mendapat dukungan pula dari negara-negara tetangga seperti Singapura, Korea Selatan, Jepang, Cina, Australia, dan Malaysia.

You must be logged in to post a comment Login